Virus Corona di Lamongan

Poin-poin Maklumat Bersama Tokoh Lintas Agama Lamongan untuk Penanganan Corona

Pemkab, Forkompimda, dan tokoh lintas agama di Lamongan mengeluarkan maklumat bersama untuk penanggulangan wabah virus corona.

Pemkab, Forkompimda, dan tokoh lintas agama di Lamongan mengeluarkan maklumat bersama untuk penanggulangan wabah virus corona. 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Pemkab, Forkompimda, dan tokoh lintas agama di Lamongan mengeluarkan maklumat bersama untuk penanggulangan wabah virus corona.

Isi maklumat itu disepakati dan ditandatangani oleh 17 tokoh yang terdiri dari Forkompimda Lamongan dan tokoh lintas agama di Pendopo Lokatantra, Rabu (1/4/2020).

Isi maklumat bersama yang dibacakan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lamongan, KH Masnur Arif tersebut berisi beberapa poin.

"Seluruh kegiatan ibadah keagamaan, baik di Agama Islam, Katolik, Protestan dan Hindu serta kegiatan keagamaan lain yang sifatnya mengumpulkan massa dan kerumunan untuk sementara ditunda pelaksanaannya atau memanfaatkan teknologi informasi," kata Masnur.

Para tokoh juga sepakat bahwa Salat Jumat diganti dengan Salat Zuhur di rumah masing-masing mulai Jumat (3/4/2020).

Selain itu, peribadatan di dalam gereja agar ditiadakan dan diganti dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Salat berjamaah di masjid maupun mushola diganti dengan salat di rumah masing-masing.

"Pelanggaran atas isi maklumat bersama ini akan berkonsekuensi hukum sesuai peraturan yang berlaku," kata Masnur.

"Saat ini kami melakukan komitmen bersama penandatanganan antara pemerintah dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat mengenai maklumat bersama sebagai salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19," kata Fadeli, Bupati Lamongan.

Fadeli menyebutkan saat ini Lamongan berupaya untuk mengurangi aktivitas penyebaran virus covid 19 di wilayah Lamongan meningkat dari yang semula social distancing menjadi kampung distancing.

"Saat ini kami menerapkan kampung distancing dari yang semula hanya social distancing," kata Fadeli.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved