Berita Malang Hari Ini

FIA Universitas Brawijaya (UB) Luncurkan Aplikasi Tracking Mahasiswa yang Bisa Diakses Lewat Ponsel

FIA Universitas Brawijaya (UB) Luncurkan Aplikasi Tracking Mahasiswa yang Bisa Diakses Lewat Ponsel

sylvianita widyawati
Kawasan kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang resmi merilis aplikasi "Tracking Mahasiswa" berbasis web, Sabtu (4/4/2020).

Tujuannya untuk didapat data akurat mengenai keberadaan dan keadaan mahasiswa FIA UB saat ini.

Alamatnya fia.ub.ac.id/tracking-mhs. Sebelumnya sudah dilakukan pendataan lewat google form.

"Rilis sekaligus memberitahukan pada mahasiswa FIA ada aplikasi ini. Caranya menyebarluaskan informasi kepada 5.616 mahasiswa aktif FIA UB semua jenjang," jelas Aulia Lukman Aziz, Humas FIA UB pada SURYAMALANG.COM, Minggu (5/4/2020).

Dijelaskan, FIA UB merasa perlu mendapatkan data tersebut dalam rangka menyusun kebijakan lanjutan yang terkait kegiatan akademik dan kemahasiswaan di tengah masa pendemi virus corona atau Covid-19.

"Kami juga merasa turut bertanggungjawab untuk mengetahui keberadaan dan keadaan mahasiswa saat ini. Sehingga dapat diambil tindakan lebih lanjut bila ada yang termasuk kategori ODP maupun PDP," tandasnya.

Untuk aplikasi ini, hanya perlu diakses oleh mahasiswa melalui ponsel masing-masing.

Dengan memakai ponsel, maka FIA bisa langsung mendapatkan data lokasi akurat keberadaan mereka sekarang. Yaitu apakah sedang di Malang atau pulang kampung ke luar Malang.

Dijelaskan Lukman, data yang ingin diperoleh FIA adalah lima hal. Yaitu apakah Anda sedang/sudah pulang kampung? Kapan Anda pulang kampung? Dan berada di mana Anda sekarang (menulis alamat lengkap).

Serta menanyakan bagaimana kondisi kesehatan Anda sekarang? Dan apakah Anda sudah/belum kembali ke Malang?

Untuk masuk ke aplikasi ini, di awal, mahasiswa diminta untuk memasukkan NIM dan tanggal lahir yang akan dicocokkan secara otomatis oleh data bawaan yang terinstal di dalam sistem. Sehingga yang masuk hanya mahasiswa FIA UB yang bisa login.

Regita, mahasiswa FIA UB menyatakan sudah mencoba aplikasinya, Sabtu (4/4/2020).

"Saya sudah pulang kampung ke Kota Depok. Menurut saya sih bagus aplikasinya. Jadi pihak fakultas bisa dengan mudah melacak keberadaan mahasiswanya."

"Sehingga bisa diketahui jumlah mahasiswa yang ada di Malang sama yang pulang kampung juga langsung ke data di web FIA," papar Regita.

Saat ini seluruh kampus di Indonesia memberlakukan kuliah daring karena kondisi darurat Covid-19. Rata-rata sampai akhir semester genap ini.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved