Berita Batu Hari Ini

Imbas Wabah Virus Corona, Dunia Perhotelan dan Pariwisata di Kota Batu Nyaris Lumpuh

perhotelan dan pariwisata di Kota Batu pasca ditutup sejak sekitar 20 hari lalu akibat wabah virus corona atau Covid-19, kini makin memprihatinkan

www.booking.com
(Ilustrasi) Royal Orchids Garden Hotel Condominium Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kondisi perhotelan dan pariwisata di Kota Batu pasca ditutup sejak sekitar 20 hari lalu akibat wabah virus corona atau Covid-19, kini makin memprihatinkan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi saat dimintai keterangan menjelaskan, ada sejumlah hotel di Kota Batu yang tutup total.

Sujud menjelaskan, 80 persen hotel di Kota Batu tidak beroperasi untuk sementara waktu saat ini. Akibat tidak adanya wisatawan yang datang ke Kota Batu, para pelaku hotel pun mengalami kerugian.

“Sudah hampir menuju titik nol karena tidak menerima tamu. Bukan hanya penurunan omset, sudah sampai kerugian. Sudah tidak laba lagi, sudah rugi. Intinya kami tidak ada pemasukan,” kata Sujud, Minggu (5/4/2020).

Menurut Sujud, sektor perhotelan dan pariwisata adalah sektor yang paling terdampak dibanding sektor lainnya. Pasalnya, perhotelan dan pariwisata membutuhkan kunjungan orang agar ada pemasukkan.

Sementara saat ini kondisinya tidak memungkinkan untuk menerima kunjungan wisatawan.

“Kalau pun buka, menghkhawatirkan keselamatan. Apalagi terbaru ada keterangan orang terkena tanpa gejala."

"Seandainya pun saat ini orang cari kamar, kami pasti curiga ada apa dengan orang ini? Kami juga takut juga. Keselamatan lebih utama,” kata Sujud.

Dengan kondisi yang sulit saat ini, beberapa hotel memberlakukan pembayaran setengah gaji. Karyawan juga tidak setiap hari masuk, jadwalnya diubah sehingga berbeda dari hari-hari biasa.

“Kebanyakan hotel mengambil langkah itu karena mereka tidak ada pemasukan, maka cukup susah untuk membayar,” ujar Sujud.

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved