Virus Corona di Jatim

Relaksasi Pajak Hotel & Restoran Tunggu Menteri Keuangan, Karyawannya Prioritas Program Pra Kerja

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak sebut penarikan pajak hotel dan restoran bukan wewenang Pemprov Jatim melainkan Pemkab dan Pemkot

suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Okupansi hotel dan restoran anjlok akibat adanya Wabah Virus Corona (Covid-19). Hal tersebut mengakibatkan para pengusaha hotel dan restoran meminta agar pajak tidak dipungut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menjelaskan penarikan pajak hotel dan restoran bukanlah wewenang Pemprov Jatim melainkan pemerintah kabupaten dan kota.

"Arahan dari pemerintah pusat sejak Maret selama enam bulan ke depan adalah pajak yang besar nya kurang lebih 10 persen itu jangan ditarik," kata Emil, Selasa (7/4/2020).

Syarat Dapat Kartu Pra Kerja! Siap Diluncurkan Pemerintah Pekan ini

Sebanyak 1.923 Tenaga Kerja di Jatim di PHK & 16.086 Orang Dirumahkan, Akibat Wabah Corona Covid-19

Pelatih Persik Joko Susilo Pertanyakan Gaji Bulan Maret Hanya 25 Persen, Padahal Ada 2 Pertandingan

Mantan Bupati Trenggalek ini menjelaskan, akan ada stimulus fiscal yang direncanakan terkait relaksasi pajak hotel dan restoran tersebut.

"Ada beberapa daerah yang sedang menunggu Peraturan Menteri Keuangannya," lanjutnya.

Emil menjelaskan perhotelan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak akibat adanya Covid-19.

Saat ini ada 1923 tenaga kerja yang sudah di PHK dan 16.086 dirumahkan sejak adanya Covid-19 dan yang paling terdampak adalah sektor perhotelan dan pariwisata.

Emil menjelaskan, para tenaga kerja yang di PHK ataupun dirumahkan akan mendapatkan bantuan baik dari pemerintah pusat dengan diprioritaskan untuk masuk ke dalam Program Pra Kerja maupun bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Social safety net (Jaring Pengaman Sosial).

(Sofyan Arif Candra Sakti)

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved