Breaking News:

Ekonomi Bisnis

No 2 di Jatim, Kota Malang Masuk 10 Besar Kota Indonesia dengan Daya Saing Berbasis Ekonomi Digital

Kota Malang masuk 10 besar sebagai kota dengan daya saing berbasis industri ekonomi digital di Indonesia.

East Ventures
Peringkat East Ventures - Digital Competitiveness Index 2020 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Kota Malang masuk 10 besar sebagai kota dengan daya saing berbasis industri ekonomi digital di Indonesia. Dalam rilis yang dikeluarkan oleh East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DCI), Kota Malang berada di nomor 10 secara nasional dan nomor dua di Jawa Timur setelah Surabaya.

Kota Malang mendapatkan skor 47,2 pada  indeks tingkat kota di Indonesia. Kota Malang mendapatkan nilai tertinggi pada pilar infrastruktur sebesar 79,6 dan penggunaan ICT sebesar 75,6.

Partner East Ventures, Melisa Irene, menyampaikan pilar penggunaan ICT di Kota Malang merupakan yang tertinggi di tingkat nasional. Akan tetapi, pilar-pilar lainnya masih berkisar di skor 50-an ke bawah seperti pilar pengeluaran ICT dengan skor 28,6.

"Kota Malang memiliki SDM berkemampuan digital yang relatif lebih baik dibanding yang lain, meskipun skornya sebesar 22,3. Di samping itu, kewirausahaan bidang digital mendapatkan skor 37,7," ucapnya.

Selain Kota Malang, ada Surabaya yang mendapatkan skor 53,9 dan berada di posisi 3 secara nasional.

Dalam hal perekonomian digital, Surabaya mendapatkan nilai 60,1.

Meski memiliki penduduk yang terbilang tinggi, ternyata Surabaya masih sedikit yang berkemampuan digital dari segi SDM dibanding Kota Malang.

"SDM di Kota Malang lebih baik, sehingga skor pilar di Surabaya hanya sebesar 26,7," ucapnya.

Irene menjelaskan Laporan East Ventures Digital Competitiveness Index (EV-DCI) adalah upaya untuk memetakan perkembangan dan potensi ekonomi digital di penjuru Nusantara yang mencakup data dari 34 provinsi dan 24 kota terbesar.

Akan tetapi, angka tersebut tidak dapat menggambarkan dengan lengkap perkembangan dan potensi pasar digital di Tanah Air.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved