Liga 1

Pidato HUT ke-90, Ketua Umum PSSI Usulkan Soeratin Jadi Pahlawan Nasional

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Iwan Bule) bakal terus memperjuangkan gelar Pahlawan Nasional bagi pendiri PSSI, Ir Soeratin Sosrosoegondo

Editor: isy
PSSI.ORG
Soeratin, pendiri sekaligus Ketua PSSI pertama 

SURYAMALAMG.COM - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan (Iwan Bule) bakal terus memperjuangkan gelar Pahlawan Nasional bagi pendiri PSSI, Ir Soeratin Sosrosoegondo. Iwan menegaskan hal itu pada pidato HUT PSSI ke-90, Minggu (19/4/2020).

“Segala hormat dan doa kami sampaikan kepada Allah SWT untuk para pahlawan sepakbola yang telah berpulang mendahului kita, terutama almarhum Soeratin Sosrosugondo,” kata Iwan Bule di laman resmi PSSI.

Menurutnya, Soeratin adalah sosok berpengaruh bagi sepakbola Indonesia. Atas jasa-jasanya itu, sepakbola mampu menjadi alat pemersatu bangsa. Untuk itu, mantan Kapolda Metro Jaya ini akan mengupayakan gelar pahlawan nasional bagi Soeratin.

“Kami akan terus berjuang, agar almarhum Bapak Soeratin bisa memperoleh anugerah sebagai pahlawan nasional, atas seluruh jasanya membuat sepakbola sebagai alat pemersatu bangsa di era pergerakan menuju kemerdekaan,” imbuh lelaki yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ itu.

Selain mengenang sejarah persepakbolaan Indonesia, dalam pidatonya Iwan juga memaparkan tentang pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air saat ini, yang membuat berbagai sektor merasakan pukulan besar, tak terkecuali dunia sepak bola.

“Kompetisi liga kami hentikan sejak pertengahan Maret, pemusatan latihan tim nasional pun ditunda dulu, demi upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” ungkapnya.

Iwan memohon dukungan seluruh pemangku kepentingan sepakbola indonesia, dari pengurus, pemain, ofisial, sampai suporter guna bersatu melawan Corona.

“Kita ada dalam satu tim yang sama, menyelesaikan kesulitan ini bersama-sama. Kami percaya, menyelesaikan masalah yang besar, akan membentuk kita lebih kuat, menjadi lebih tangguh dari semula,” tegasnya.

Setelah Pandemi Covid-19 berakhir nanti, masih banyak tantangan besar yang akan menanti, salah satunya yakni event internasional Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang.

Iwan mengajak para pencinta sepakbola Indonesia untuk bersama-sama menyukseskan amanat besar itu.

“Kita mendapat amanah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021, sebuah kesempatan sekaligus kehormatan, momen yang belum pernah terjadi, dan belum tentu terulang lagi. Indonesia akan menjadi penyelenggara ajang olahraga level dunia, menjadi sorotan dunia internasional. Mari kita sukseskan Piala Dunia U-20 2021, baik sukses secara penyelenggaraan, dan juga sukses secara prestasi tim nasional kita,” pungkasnya. (taufiqur rochman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved