Virus Corona di Batu

Pemkot Batu Akan Tambah Dua Pos Pemantauan Lagi, Tegaskan Larangan Mudik

2 Pos Tambahan masing-masing berada di sebuah dusun di Kecamatan Junrejo yang berbatasan dengan Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso.

SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama saat memantau proses pemeriksaan kesehatan terhadap seseorang di pos pantau Pendem, Jumat (3/4/2020). 

SURYAMALANG.COM, BATU – Pemerintah Kota Batu akan menambah pos pemantauan memasuki bulan suci Ramadhan.

Pos tambahan ini berfungsi untuk memperketat mobilitas manusia yang memasuki Kota Batu, terlebih di tengah momentum tradisi mudik.

Demi mencegah potensi penularan Covid-19.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menjelaskan ada dua tambahan pos yang akan dibuat oleh Pemkot Batu.

Keduanya masing-masing berada di sebuah dusun di Kecamatan Junrejo yang berbatasan dengan Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso.

Punjul mengatakan, Pemkot Batu melakukan antisipasi terhadap potensi warga yang mudik ke Kota Batu.

Terlebih warga yang datang dari zona merah. Dua pos itu sengaja di tempatkan di dua tempat tersebut dengan alasan kedua wilayah itu bisa menjadi pintu masuk ke Kota Batu.

"Masih kami rundingkan dengan seluruh Forkopimda termasuk dengan Polres Kota Batu. Bahkan pada tahun ini juga akan sinergitas dari BUMN yakni Jasa Tirta dan Kantor Pos," kata Punjul, Kamis (23/4/2020).

Punjul juga mengingatkan agar warga mengurungkan niat untuk mudik demi memutus rantai penyebaran.

Punjul memahami pilihan untuk tidak mudik memang berat, namun harus dilakukan agar upaya pemutusan penyebaran bisa dilakukan.

Punjul mengatkan kalau Pemkot Batu akan melakukan pendataan terhadap warga Kota Batu baik yang berada di dalam kota maupun luar kota. Pasalnya, tidak sedikit juga dari mereka yang menjadi korban PHK.

“Kami akan mendata juga warga yang kerja di dalam dan luar Kota Batu. Khususnya bagi yang dirumahkan atau di PHK karena mereka akan mendapat insentif. Tujuannya agar mereka bisa tetap bertahan mencukupi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi," jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Batu Susetya Herawan menambahkan,sebelumnya sudah ada dua pos yang didirikan yakni di Desa Pendem dan kawasan Desa Punten.

“Tapi rencananya akan ditambah dua pos lagi," ungkapnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved