Nasional

Gencatan Senjata Terjadi Antara KKB dan TNI-Polri di Area Freeport Papua, Tidak Ada Korban Jiwa

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berkembali berulah di area PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat (24/4/2020).

TRIBUNNEWS.COM
ILUSTRASI TEMBAKAN SENJATA API 

SURYAMALANG.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berkembali berulah di area PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, Jumat (24/4/2020).

Dalam insiden ini, KKB terlibat gencatan senjata dengan personel TNI dan Polri.

Gencatan senjata terjadi saat KKB menembak iring-iringan kendaraan trailer milik Freeport dan pos TNI di rute pengamanan umum (RPU) 47, di Mile 60, pukul 09.40 WIT.

Tim pengawalan dari Brimob Satgas Amole yang berada di belakang iringan kendaraan trailer kemudian memberikan bantuan kepada personel yang berada di pos RPU 46.

Mereka melakukan tembakan balasan ke arah KKB.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Namun, tiga kendaraan trailer dengan nomor lambung 1236, 894, dan 1026 mengalami pecah kaca depan disebabkan terkena peluru.

"Tidak ada korban dari penembakan tersebut," kata Era dalam keterangan tertulisnya, Jumat siang.

Dari hasil penyelidikan di lapangan, diketahui penembakan yang dilakukan di area Freeport, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, selama ini dilakukan beberapa KKB yang datang ke Tembagapura dengan pimpinan Lekagak Telenggen.

"Sampai saat ini aparat TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap kelompok kriminal yang melakukan penembakan tersebut," uja Era.

Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011).
Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011). (KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTO)
Halaman
123
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved