Breaking News:

Kesehatan

Nasib Bos Mafia di Italia 'Diselamatkan' Wabah Virus Corona, Mereka Dibebaskan Demi Cegah Infeksi

Demi menghindari penularan virus corona atau Covid-19 di dalam penjara, Pemerintah Italia membebaskan sejumlah bos mafia dari seluruh penjara.

Editor: eko darmoko
SHUTTERSTOCK/ANDREAS PROTT
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 dalam bentuk 3D 

SURYAMALANG.COM - Demi menghindari penularan virus corona atau Covid-19 di dalam penjara, Pemerintah Italia membebaskan sejumlah bos mafia dari seluruh penjara.

Sebelumnya hakim Italia telah membebaskan setidaknya tiga mafia berusia lanjut, dan menempatkan mereka di bawah tahanan rumah.

Majalah berita L'Espresso pada hari Rabu melaporkan bahwa seorang hakim di Milan telah memerintahkan pembebasan salah satu bos mafia paling berpengaruh dari Cosa Nostra, Francesco Bonura (78) yang menjalani hukuman 23 tahun penjara.

Alasan pembebasan Bonura dari penjara untuk tahanan rumah disebutkan terkait alasan kesehatan.

Asmara Abigail, Bintang Film Indonesia Kena Lockdown di Italia Karena Virus Corona, Ini Kisahnya

Bandel saat Lockdown Corona, Warga Italia Tak Cuma Kena Denda, Tapi Harus Siap Menerima Semburan Api

Colosseum, Roma, Italia.
Colosseum, Roma, Italia. (Wikipedia)

Dikutip dari Guardian, dalam beberapa pekan terakhir, hakim juga memerintahkan pembebasan dari penjara Vincenzino Iannazzo (65), dan Rocco Santo Filippone (72), yang keduanya diduga sebagai bos 'Ndrangheta.

Hakim khawatir bahwa infeksi virus corona Covid-19 bisa berisiko mematikan bagi Filippone karena dia menderita penyakit kardiovaskular yang serius.

"Ini adalah situasi yang sangat mengkhawatirkan," kata Leo Beneduci, sekretaris jenderal Osapp, serikat petugas polisi penjara terbesar Italia.

“Di Italia ada sekitar 12.000 anggota organisasi kriminal di penjara. Anggota polisi penjara mulai melaporkan tahanan yang saling merangkul dengan dugaan tujuan meningkatkan kemungkinan tertular virus dan dibebaskan dari penjara,” ujar Beneduci.

Departemen polisi penjara Italia menyebarkan memo internal, yang dilihat oleh Guardian, meminta pejabat penjara untuk nama-nama tahanan yang menderita penyakit tertentu dan yang berusia di atas 70 tahun untuk dibebaskan.

Alasannya karena mereka berisiko mengalami komplikasi dalam kasus infeksi Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved