Breaking News:

Kesehatan

Hasil Penelitian Ilmuwan Unair Surabaya, Pemetaan Genom Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 9

Hasil Penelitian Ilmuwan Unair Surabaya, Pemetaan Genom Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 9

SHUTTERSTOCK/CORONA BOREALIS STUDIO
Ilustrasi virus corona atau Covid-19 dalam bentuk 3D 

SURYAMALANG.COM - Para ilmuwan Indonesia berhasil menambah pemetaan materi genetik virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, yang menginfeksi pasien di Indonesia.

Kini ada 9 isolat virus corona yang berhasil disekuensing atau diurutkan, dari sebelumnya 3 isolat.

Penambahan 6 whole genom sequences (WGS) tersebut merupakan hasil penelitian dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Institute of Tropical Disesase (ITD) Universitas Airlangga (Unair).

Terdiri dari 4 isolat virus hasil analisis Eijkman dan 2 dari Unair.

Sebelumnya, tim ilmuwan Eijkman sudah lebih dahulu berhasil memetakan 3 isolat virus yang berasal dari sampel virus milik tiga pasien Covid-19 di Jakarta.

"Jadi dari Eijkman ada 7 (isolat virus yang berhasil di -sekuensing), kemudian 2 dari Unair," ungkap Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Profesor Amin Soebandrio kepada Kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Kesembilan isolat virus tersebut sudah diunggah ke portal Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) untuk dianalisis dan dapat dilihat semua orang.

Portal GISAID merupakan inisiatif kerjasama antara pemerintah Jerman dengan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk menyediakan akses terhadap berbagai informasi genetik virus-virus yang menyebabkan epidemi seperti flu.

Nantinya, analisis genom virus corona tersebut dapat membantu ilmuwan melihat apakah virus corona di Indonesia memiliki kekerabatan dengan salah satu virus di negara lain.

Tiga di antaranya memang sudah menunjukkan hasil analisis, sedangkan 6 isolat virus lainnya masih dalam proses analisis.

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved