Breaking News:

Virus Corona di Jatim

1800 TKI Sudah Pulang ke Jatim Dari Total 8 Ribu yang Akan Mudik, Bandara Juanda Siapkan Skrining

Mulai 7 April hingga hari ini Jumat (15/5/2020) sudah ada 1800 PMI yang pulang ke Jawa Timur dari berbagai negara.

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Sugiharto
ILUSTRASI - Sebanyak 156 pekerja migran Indonesia dari Malaysia menjalani rapid test di Terminal 2 Internasional Juanda, Selasa (7/4/2020). Rapid test ini dilakukan sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona covid-19 . 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA -  Ada 8 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI asal Jawa Timur telah habis masa kerjanya dan berangsur-angsur pulang kampung untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1441 H.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono mengatakan mulai 7 April hingga hari ini Jumat (15/5/2020) sudah ada 1800 PMI yang pulang ke Jawa Timur dari berbagai negara.

Nyono mengatakan, untuk melakukan skrining para PMI yang datang tersebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur telah melakukan rapid test di Bandara Juanda.

"Kalau rapid test-nya negatif kita antarkan ke pendopo kabupaten kita serahkan ke tim Covid-19 daerah masing-masing agar dilakukan protokol kesehatan. Jadi tidak langsung kita antarkan ke rumah masing-masing," kata Nyono, Jumat (15/5/2020).

Sedangkan jika PMI tersebut reaktif, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur akan langsung merujuknya ke rumah sakit rujukan.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan semua PMI yang datang harus mendapatkan skrining serta bantuan transportasi ke pendopo kabupaten kota daerah masing-masing.

"Mereka juga dikasih penanda gelang yang berarti mereka harus observasi, di daerah masing-masing, pernah ada yang terkonfirmasi PDP yang kemudian langsung dirujuk ke RS," ucap Khofifah.

Jumat (15/5/2020) Pemprov Jatim juga akan menjemput sejumlah PMI dari Serawak, Malaysia yang naik kapal laut dan berlabuh di Semarang.

(Sofyan Arif Candra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved