Berita Surabaya Hari Ini

Penggunaan Masker Bisa Turunkan Penularan Covid-19 Hingga Nol

Sebab berdasarkan penilitian dari ilmuan, penggunaan masker terbukti bisa menurunkan transmisi penularan virus corona atau Covid-19 di suatu komunitas

Pixabay/Coyot
Ilustrasi masker 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Ketua Gugus Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi mengatakan bahwa penggunaan masker di masyarakat harus semakin dimasifkan.

Sebab berdasarkan penilitian dari ilmuan, penggunaan masker terbukti bisa menurunkan transmisi penularan virus corona atau Covid-19 di suatu komunitas.

Bahkan jika dalam suatu komunitas seratus persen menggunakan masker, maka bisa menurunkan risiko transmisi hingga kurang dari 1 hingga nol sama sekali.

"Berdasarkan penelitian, dalam suatu pemukiman jika ada 60 persen saja masyarakatnya menggunakan masker, maka transmission ratenya hanya 1," kata Joni, Selasa (19/5/2020) malam.

Jika persentase penggunaan maskernya ditingkatkan penurunan trasmisi atau penularan virus bisa meningkat.

Bahkan bisa di bawah 1 yang jika terus dilakukan maka akan membuat transmisi nol dan akhirnya virus dan pandemi corona bisa segera hilang.

"Sekarang ini, kita di Jatim ini transmission rate 1,4. Maka kami mendorong agar hasil penelitian ini dijadikan pegangan, agar masyarakat aktif mengenakan masker, menutup hidup, menutup mulut untuk mengurangi tingkat transmisinya," tegas Joni.

Hal ini disampaikan Joni karena tingkat pertambahan kasus positif covid-19 di Jawa Timur masih tinggi.

Per hari ini, Selasa (19/5/2020) malam, kasus positif covid-19 di Jatim bertambah sebanyak 91 kasus.

Sebanyak 60 kasus tambahan baru ada di Kota Surabaya, 5 tambahan kasus baru ada di Kabupaten Sidoarjo, 6 di Kabupaten Sampang, 3 di Kabupaten Mojokerto, 2 di Kabupaten Lamongan, 1 di Kabupaten Blitar, 1 di Kabupaten Tuban, 2 di Kabupaten Bojonegoro, 1 di Kabupaten Pamekasan.

Kemudian 2 di Kabupaten Malang, 1 di Kabupaten Jombang, 1 di Kabupaten Kediri, 1 di Kabupaten Bondowoso, 1 di Kota Mojokerto, 1 di Kabupaten Ponorogo, 3 di Kabupaten Mojokerto, 2 di Kabupaten Bangkalan dan 1 di Kota Kediri.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved