Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Fakultas Teknologi Pertanian Wakili UB Untuk Dievaluasi Zona Integritas Oleh Kemendikbud

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) mewakili UB yang akan dievaluasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pencanangan zona integritas.

Humas FTP UB
Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (UB), Prof Dr Ir Imam Santoso MP. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Brawijaya (UB) menetapkan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) mewakili UB yang akan dievaluasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam pencanangan zona integritas.

Untuk itu, FTP telah membentuk tim kerja WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBMM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) serta memantau dan menevaluasi kegiatan pembangunannya.

Dekan FTP Prof Dr Imam Santoso MP menyambut senang penetapan SK rektor itu.

"Alhamdulillah FTP dipercaya Rektor sebagai unit kerja yang memiliki WBK dan WBBM untuk dinilai Kemendikbud dalam pencanangan zona integritas," jelas Imam, Kamis (21/5/2020).

Dijelaskan, ini merupakan amanah dan tanggung jawab perguruan tinggi sebagai agen perubahan sesuai dengan Permenpan RB tahun 2014.

Yaitu diantaranya harus memiliki fungsi sebagai katalis, penggerak perubahan, pemberi solusi, mediator sekaligus penghubung. Untuk itu, timnya tetap bergerak meski ada pandemi.

Harapannya ada kemajuan setidaknya 25% setiap pekannya. Beberapa tim telah dibentuk untuk mewujudkan WBK dan WBMM. Seperti membentuk tim Manajemen Perubahan, tim Penataan Sistem dan Manajemen Aparatur.

Kemudian tim Penguatan Organisasi dan Penataan Tata Laksana, tim Peningkatan Kualitas Layanan Publik, tim Penguatan Pengawasan dan Akuntabilitas hingga tim IT, Publikasi dan Umum.

Dijelaskan, di era reformasi birokrasi, tuntutan masyarakat adalah bisa transparan, akuntabel serta bebas dari korupsi dan Nepotisme (KKN).

"Ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh seluruh instansi pemerintah termasuk perguruan tinggi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program hal reformasi birokrasi," jelasnya.

Dengan target tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Dengan reformasi birokrasi tersebut maka dicanangkanlah zona integritas sebagai wujud nyata dari reformasi birokrasi pemerintahan yang baik, efektif, dan efisien.

Sebuah instansi pemerintah telah dicanangkan sebagai zona integritas haruslah meliputi WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dalam fungsi pelayanan unit kerjanya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved