Virus Corona di Surabaya

Rumah Sakit Darurat Covid-19 Jawa Timur di Puslitbang Humaniora Siap Dioperasikan Kamis 21 Mei 2020

Perjanjian dengan Kementerian Kesehatan untuk menggunakan Puslitbang Humaniora sebagai rumah sakit darurat telah turun sehingga siap operasional.

SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, Joni Wahyuhadi menyebut, Rumah Sakit Darurat di Jalan Indrapura, Surabaya siap digunakan pada Kamis (21/5/2020), hari ini.

Joni menjelaskan, perjanjian dengan Kementerian Kesehatan untuk menggunakan Puslitbang Humaniora sebagai rumah sakit darurat telah turun.

“Insyaallah besok pagi bisa dipakai. Kami belum berani make sebelum ada perjanjian, karena ini sensitif. Perjanjiannya dengan kementerian kesehatan sudah selesai,” kata Joni di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (20/5/2020).

Joni menjelaskan, di rumah sakit darurat ini telah disiapkan 40 kamar untuk pasien positif Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang.

“Nanti di belakang ada gedung bisa diextend (digunakan) sampai 500 an (kamar), untuk tahap pertama 200 (kamar) dulu," lanjutnya.

Joni menjelaskan, rumah sakit darurat ini memang ditujukan untuk pasien positif Covid-19 dengan gejala klinis yang ringan hingga sedang tanpa memerlukan ventilator untuk berjaga-jaga jika kapasitas rumah sakit rujukan kelebihan kapasitas pasien.

Sedangkan untuk pasien dengan gejala klinis berat, akan langsung dirujuk di rumah sakit rujukan.

(Sofyan Arif Candra)

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved