Virus Corona di Batu

Jumlah Positiv Covid-19 di Batu Meningkat, Pasar Jadi Klaster, Pedagang Sayur Kembali Terkonfirmasi

Satu orang tambahan pasien terkonfirmasi positif baru di Batu adalah seorang pedagang yang memiliki riwayat dari Pasar Sayur Karangploso.

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ILUSTRASI - Petugas medis mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) mengukur suhu tubuh warga pasar sebelum melakukan Rapid Test COVID-19 di pasar Karangploso, Kabupaten Malang, Rabu (13/5/2020). Rapid test acak yang menyasar warga pasar ini dilakukan setelah salah seorang pembeli dari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang positif terinfeksi COVID-19. 

SURYAMALANG.COM, BATU – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batu bertambah satu orang sehingga totalnya menjadi 11 orang per 22 Mei 2020.

Satu orang tambahan pasien terkonfirmasi positif ini adalah seorang pedagang yang memiliki riwayat dari Pasar Sayur Karangploso.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batu, M Chori dalam keterangan resminya menjelaskan, pasien ke-11 berjenis kelamin laki-laki berusia 57 tahun berasal dari Desa Giripurno.

Sebelum ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19, pasien ke-11 ini berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

“Pekerjaan petani dan sering kirim sayur ke Pasar Sayur Karangploso. Status sebelumnya sebagai PDP dengan diagnosa pneumonia berat dan punya penyakit penyerta pneumonia,” kata Chori.

Sebelum ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19, pasien ke-11 sudah menjalani tes cepat atau rapid test yang hasilnya reaktif baik lg H dan lg M. Lalu dilanjutkan swab dan hasilnya baru keluar dinyatakan positif Covid-19.

“Yang bersangkutan punya riwayat perjalanan ke Karangploso kirim sayur ke Pasar Sayur Karangploso,” tegas Chori.

Pasar menjadi klaster baru penyebaran kasus positif Covid-19 di Kota Batu.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batu, Punjul Santoso mengimbau agar masyarakat yang beraktivitas di pasar, baik pedagang, pembeli maupun yang lainnya, dapat mematuhi protokol kesehatan.

"Tolong patuhi. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan sabun. Itu penting sekali," tegas Wakil Wali Kota Batu ini.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved