Berita Surabaya Hari Ini

Ketua IGGI, Gus Fahrur : Pemerintah Perlu Masukkan Pesantren dalam Agenda Tata Taksana New Normal

Ikatan Gus Gus Indonesia (IGGI) minta pemerintah tidak asal dan gegabah menerapkan new normal, terutama bagi pesantren.

suryamalang.com

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Ikatan Gus Gus Indonesia (IGGI) minta pemerintah tidak asal dan gegabah menerapkan new normal life atau pola hidup normal baru, terutama new normal bagi pesantren.

"Pondok pesantren perlu mendapat perhatian khusus agar dapat segera dibuka kembali dengan standar kesehatan era new normal," kata KH Ahmad Fahrur Rozi, Ketua IGGI kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (27/5/2020).

Ahmad Fahrur Rozi berharap pemerintah menyediakan fasilitas rapid test dan tenaga medis untuk membantu mengecek kesehatan semua santri yang kembali ke pesantren jika new normal life diterapkan.

Pria yang akrab disapa Gus Fahrur ini berpendapat seharusnya pemerintah tidak hanya memperhatikan satu sektor saja, seperti upaya ketahanan ekonomi.

Pemerintah juga harus memikirkan dampak Covid-19 di bidang pendidikan, khususnya pada kelangsungan pendidikan pondok pesantren dan kegiatan keagamaan dalam menyongsong new normal life.

"Kami minta agar pesantren dapat dibuka kembali dan dimasukkan dalam skema pemerintah," kata Gus Fahrur.

"Kami berharap pemerintah memasukkan pondok pesantren dalam agenda tata laksana new normal yang dipersiapkan untuk masyarakat tersebut," lanjut Wakil Ketua PWNU Jatim ini.

Pengasuh Pondok Pesantren An Nur Bululawang, Kabupaten Malang ini juga mendorong agar pemerintah bisa menjaga pasokan masker tetap tersedia sehingga mudah didapatkan dan bisa dibeli dengan harga yang murah.

"Selain masker, di perlukan Pengadaan hand sanitizer dan sabun cuci tangan di semua tempat keramaian, termasuk di pesantren atas subsidi pemerintah dalam rangka pencegahan penularan penyakit covid 19," terangnya.(Sofyan Arif Candra)

Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved