Virus corona di Malang

Cukup Tempel HP, Polresta Malang Kota Fasilitasi Video Call Tahanan Lepas Rindu Dengan Keluarga

Program Bakso atau Besuk Anggota Keluarga Secara Online menjadi cara sederhana penuh arti bagi tahanan Polresta Malang Kota yang ingin video call

ISTIMEWA
Tahanan di Mapolresta Malang Kota saat lakukan video call bersama keluarga. Peneyediaan Fasilitas komunikasi audio visual secara sederhana ini sangat membantu para tahanan untuk melepas kerinduan dengan kelurga di masa pandemi Covid-19 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Satuan tahanan dan barang bukti (Sat Tahti) Polresta Malang Kota menyediakan fasilitas video call untuk para tahanan titipan.

Penyediaan fasilitas komunikasi video call berupa perangkat smartphone itu disebut sebagai program Bakso.

"Fasilitas tersebut kami beri nama program Bakso. Kepanjangan dari Bakso tersebut adalah Besuk Anggota Keluarga Secara Online," ujar Kasat Tahti Polresta Malang Kota, AKP Sunarso kepada TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM), Kamis (28/5/2020).

Fasilitas program Bakso di ruang tahanan Mapolresta Malang Kota ini cukup sederhana.

Petugas cukup menempelkan sebuah smartphone di kaca menggunakan lakban.

Smartphone dihubungkan dengan handsfree, perangkat  kabel inilah yang digunakan para tahanan yang akan melakukan video call di balik kaca.

Tujuan penyediaan fasilitas video call itu merupakan salah satu cara agar para tahanan dapat melepas rasa rindunya kepada keluarga.

Sunarso menerangkan pihaknya memberikan waktu agar para tahanan bisa menikmati silahturahmi dengan keluarga.

"Kami beri waktu tiap tahanan sekitar 10 menit. Agar semua tahanan dan anggota keluarganya dapat kebagian semuanya," jelasnya.

Dirinya menjelaskan sebelum melakukan video call, pihak keluarga tahanan harus terlebih dulu lakukan pendaftaran.

"Usai lakukan pendaftaran, akan kami atur jadwal komunikasinya. Bergantian dengan anggota keluarga tahanan yang lain," bebernya.

Dirinya juga mengungkapkan komunikasi melalui video call juga berlaku untuk jam besuk biasa.

"Jadi tidak hanya pada momen lebaran seperti ini saja, namun berlaku juga untuk jam besuk biasa. Yaitu setiap Selasa dan Kamis pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Untuk pendaftarannya hanya pada hari Senin saja," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved