Breaking News:

Info BMKG Juanda : Mulai Trenggalek Sampai Banyuwangi Diprediksi Hujan Selama 3 Hari

BMKG Juanda memperkirakan sebagian wilayah di Jawa Timur akan diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai 30 Mei 2020.

Penulis: Aminatus Sofya | Editor: Zainuddin
Foto oleh Erik Witsoe di Unsplash
Ilustrasi hujan 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo memperkirakan sebagian wilayah di Jawa Timur akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai 28 Mei sampai 30 Mei 2020.

Berdasarkan laman BMKG Juanda, hujan akan terjadi mulai pagi hari di Kabupaten Trenggalek, Blitar, Tulungagung, Kota Blitar, Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

"Hujan juga berpotensi berlanjut pada siang sampai sore hari," ucap Rendy Irawadi, Prakirawan BMKG Juanda, Kamis (28/5/2020).

Dia mengatakan hujan yang terjadi saat ini disebabkan oleh gangguan atmosfer.

Sebab secara klimatologi, Indonesia saat ini telah memasuki musim kemarau.

"Kata orang klimatologi sebetulnya ini sudah kemarau. Tapi ada gangguan cuaca yang memgakibatkan hujan," katanya.

Gangguan atmosfer itu, kata Rendy, Madden Julian Oscilation (MJO) yang aktif pada tgl 22 Mei sampai 23 Mei, gelombang Equatorial Rossby yang aktif pada tanggal 25 Mei hingga hingga 3 hari ke depan, serta pola palung tekanan rendah di Selatan Jawa.

"Selain itu ada anomali positip Sea Surface Temperature (SST) terpantau pada tanggal 25 Mei dan 26 Mei yang berkisar antara +1.0 s/d +3.0 derajat celsius," jelasnya.

BMKG memprakirakan musim kemarau tahun ini lebih basah dari 2019. Puncak musim kemarau tahun ini berlangsung di Agustus hingga September 2020.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved