Virus Corona di Malang

Jelang New Normal Life, Divisi Propam Mabes Polri Minta Anggota Kepolisian Malang Bersikap Humanis

Bilamana ada masyarakat yang tidak menerapkan pola hidup sehat, pihak kepolisian wajib memberikan teguran.

TribunJatim/Kukuh Kurniawan
Kepala Pemeriksa Utama Divisi Propam Mabes Polri, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma saat meninjau pos check point dan penyekatan Balearjosari, Jumat (29/5/2020). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Jelang penerapan New Normal, Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri minta anggota kepolisian tetap kedepankan sikap humanis.

"Kami hadir di wilayah Kota Malang untuk melaksanakan pengawasan anggota kepolisian saat melaksanakan tugasnya. Dan kami menjamin tidak ada anggota yang melakukan pelanggaran atau melakukan arogansi," ujar Kepala Pemeriksa Utama Divisi Propam Mabes Polri, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma kepada TribunJatim.com, Jumat (29/5/2020).

Dirinya menerangkan meski New Normal, masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan sesuai aturan yang ada.

"Seperti menerapkan pola hidup bersih dan sehat, wajib jaga jarak dan selalu memakai masker. Dan hal tersebut yang perlu ditekankan," jelasnya.

Nantinya saat pelaksanaan New Normal, para petugas kepolisian akan berjaga di setiap titik keramaian.

"Seperti pusat perbelanjaan, transportasi, dan beberapa tempat keramaian lainnya. Tugasnya untuk memantau kedisplinan masyarakat," tambahnya.

Bilamana ada masyarakat yang tidak menerapkan pola hidup sehat, pihak kepolisian wajib memberikan teguran.

"Ketika memberikan teguran, kami minta anggota untuk tetap kedepankan sifat humanis. Kalau memang ada masyarakat tak memakai masker, kami minta untuk disediakan saja. Jangan sampai bertindak arogan atau melakukan kekerasan," terangnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Polresta Malang Kota telah siap menghadapi penerapan New Normal.

"Terkait hal tersebut (New Normal), kami telah menyiapkan personel gabungan. Kami siapkan sekitar 1.345 personel gabungan baik TNI dan Polri," ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kamis (28/5/2020).

Namun meski begitu, kesiapan tersebut akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan jajaran terkait lainnya.

"Rencananya nanti akan ada rapat untuk persiapan lebih lanjut terkait hal itu. Dan menilik dari yang disampaikan Gubernur Jatim kemarin malam, ada rentang waktu 7 hari untuk masa transisi ke New Normal," pungkasnya.

( Kukuh Kurniawan)

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved