Virus Corona di Jatim

Klaim Biaya Pasien Covid-19 di RSUD dr Soetomo Surabaya Tak Mengalami Kesulitan ke Kemenkes, Cair

Menurut Joni selama dokumen dan syarat-syaratnya lengkap, tidak ada kesulitan dalam melakukan klaim pembiayaan pasien Covid-19.

SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi, Senin (1/6/2020) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Dirut RSUD dr Soetomo, Surabaya, Joni Wahyuhadi mengaku tidak mengalami kesulitan dalam melakukan klaim pembiayaan pasien Covid-19 ke Kementerian Kesehatan.

Joni menjelaskan, untuk melakukan klaim pembiayaan kasus pasien Covid-19 memang berbeda dengan pasien yang lain.

Salah satunya harus mencantumkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Tentang klaim sudah ada rumah sakit yang sudah dibayar termasuk RSUD dr Soetomo. Sidoarjo juga sudah dibayar. Memang ada tata laksana harus mencantumkan hasil PCR nya," kata Joni yang juga menjabat sebagai Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Senin (1/6/2020).

Joni menjelaskan, kadang kala saat menjalankan tata laksana dalam melakukan klaim ada berkas yang tidak tercantum.

"Kalau ada keterangan foto tapi tidak dicantumkan hasil fotonya ya wajar kalau mereka tidak bayar. Makanya semua harus dicantumkan ditata rapi baru kemudian dilakukan klaim kepada Kementerian Kesehatan dan diverifikasi BPJS," kata Joni

Menurut Joni selama dokumen dan syarat-syaratnya lengkap, tidak ada kesulitan dalam melakukan klaim pembiayaan pasien Covid-19.

"Untuk RS swasta memang pembiayaan dari swasta ini perlu dibicarakan dan dikoordinasikan dengan kepala dinas kesehatan tapi yang penting dokumennya lengkap dulu," pungkasnya.

(Sofyan Arif Candra)

Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved