Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Tips Jaga Sistem Imun Anak di Tengah Pandemi Corona, Peran Orangtua dan Guru Sangat Vital

Virus corona atau Covid-19 menginfeksi semua kelompok usia, termasuk anak-anak

habibur rohman/suryamalang.com
Orangtua mengajarkan pola hidup sehat untuk menghindarkan anak dari penularan corona atau covid-19. 

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Virus corona atau Covid-19 menginfeksi semua kelompok usia, termasuk anak-anak. Namun, secara umum anak-anak memiliki risiko gejala yang lebih kecil.

Kendati demikian, bukan berarti anak-anak terbebas dari virus yang telah menjadi pandemi ini meski terlihat sehat. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian khusus untuk menghindari penularan corona ke anak.

"Ini juga jadi salah satu kekhawatiran saya. Kalau kita mungkin masih bisa awas jangan sampai ketularan. Tapi kalau anak cenderung lebih aktif, pegang sana sini. Risiko terpaparnya juga besar," ungkap Diana Hendrawan, warga Sememi Surabaya.

Ibu satu anak ini mengatakan sebisa mungkin menghindarkan anak dari kerumunan dan membiasakan hidup bersih.

"Sejauh ini saya melakukan hal tersebut karena bingung apa yang bisa dilakukan lagi. Harapannya dengan mengajarkan hal itu, anak akan terbiasa," katanya.

Sementara dokter spesialis anak RSIA Kendangsari Merr Surabaya, dr Diana Amilia Susilo SpA IBCLC, menuturkan penyebaran covid-19 pada anak-anak memang tetap harus diwaspadai meskipun risikonya tidak sebesar orang lanjut usia.

"Jika dilihat dari segi imunitas, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni daya tahan tubuh anak, virus, serta lingkungan," ungkap Diana.

Dalam hal ini, orangtua harus memastikan anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat, serta menghindarkan kontak dengan orang atau benda yang berpotensi menularkan virus

"Edukasi juga harus diberikan sejak dini. Mereka perlu dilatih untuk berperilaku hidup bersih dan sehat," katanya.

Hal-hal yang perlu dibiaskan di antaranya rajin mencuci tangan, langsung mandi setelah berpergian, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan sebagaianya.

Halaman
123
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved