Virus Corona di Blitar

UPDATE Virus Corona di Kota Blitar 14 Juni 2020, Ada1 Lagi Pasien Positif, Diduga Tertular Suami

Pasien positif Corona atau Covid-19 di Kota Blitar bertambah satu orang lagi, Minggu (14/6/2020).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: isy
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kepala Dinkes Kota Blitar, M Muchlis. 

SURYAMALANG.COM | BLITAR - Pasien positif Corona atau Covid-19 di Kota Blitar bertambah satu orang lagi, Minggu (14/6/2020). Saat ini, jumlah komulatif pasien positif virus Corona di Kota Blitar menjadi lima orang, dengan rincian tiga sembuh dan dua masih dalam perawatan.

Dalam laporan hariannya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, dr M Muchlis, menyampaikan satu pasien baru positif Corona itu sebelumnya berstatus orang tanpa gejala (OTG). Pasien berjenis kelamin perempuan usia 54 tahun asal Sananwetan, Kota Blitar.

"Yang bersangkutan merupakan istri dari pasien laki-laki yang terkonfirmasi positif sebelumnya asal Kelurahan Klampok," kata Muchlis.

Dikatakannya, dari kasus konfirmasi sebelumnya, Gugus Tugas melakukan tracing dan rapid test terhadap 11 orang yang merupakan keluarga dan tetangga pasien.

Hasil rapid test, sembilan dinyatakan non-reaktif dan dua lagi reaktif.

Lalu, Gugus Tugas menidaklanjuti dua orang reaktif rapid test itu dengan swab tenggorokan.

Hasil swab baru keluar untuk satu orang dan hasilnya positif virus Corona.

Sedang, hasil swab satu orang lagi masih menunggu.

"Satu pasien baru positif sekarang pasien menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Mardi Waluyo. Sedang yang negatif rapid test masih menjalani isolasi mandiri di rumah," ujar Muchlis yang juga Kepala DInkes Kota Blitar ini.

Selain keluarga dan tetangga, kata Muchlis, Gugus Tugas juga melakukan tracing dan rapid test terhadap 14 tenaga kesehatan di rumah sakit (RS) swasta yang sempat merawat pasien positif asal Kelurahan Klampok.

Hasil rapid test, enam orang reaktif dan delapan orang non-reaktif.

Gugus Tugas juga sudah melakukan swab terhadap enam tenaga kesehatan yang reaktif rapid test.

Hasil swab baru keluar untuk lima orang dan satu lagi masih menunggu.

"Hasil swab yang sudah keluar untuk kelima tenaga kesehatan negatif, sedang untuk satu orang lagi masih menunggu. Saat ini, semuanya menjalani isolasi di RS swasta tempat kerjanya," ujarnya.

Sekadar diketahui, situasi Covid-19 di Kota Blitar per Minggu (14/6/2020), tercatat jumlah komulatif OTG sebanyak 118 orang, 23 orang proses pemantauan dan 95 orang selesai pemantauan.

Jumlah komulatif orang dengan risiko sebanyak 2.328 orang.

Lalu, jumlah komulatif orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 210 orang, 203 orang selesai dipantau, lima orang proses pemantauan, dan dua orang meninggal.

Sedang jumlah komulatif pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak tujuh orang, lima orang sembuh, satu dalam perawatan, dan satu meninggal.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved