Breaking News:

Berita Blitar Hari Ini

Pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar Blitar Segera Dimulai, Pakai Dana APBN Rp 21 Miliar

Pembangunan Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar dimulai.

samsul hadi/suryamalang.com
Persiapan pemasangan tiang pancang pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar Blitar di lahan bekas RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar, Kamis (18/6/2020). 

SURYAMALANG.COM | BLITAR - Pembangunan Kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar di lahan bekas RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, dimulai, Kamis (18/6/2020). Pembangunan tahap pertama ini dialokasikan anggaran Rp 21 miliar dari APBN dan ditargetkan selesai Desember 2020.

"Ada beberapa gedung yang dibangun pada tahap pertama dengan alokasi anggaran sekitar Rp 21 miliar dari APBN," kata Wali Kota Blitar, Santoso seusai pemasangan tiang pancang pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar Blitar.

Santoso mengatakan pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar Blitar merupakan kerja sama antara Pemkot Blitar dam Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dikti). Pemkot Blitar hanya menyediakan aset lahan, sedang anggaran pembangunan dari pemerintah pusat.

"Semua biaya pembangunan dari APBN. Mudah-mudahan pada 2021 ada alokasi anggaran lagi untuk penyempurnaan, karena pembangunannya sistem multiyears," ujarnya.

Santoso berharap pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar membawa perubahan di bidang pendidikan di Blitar.

Selain itu, pembangunan kampus baru diharapkan juga dapat menumbuhkan perekonomian di Kota Blitar.

"Kami sudah lama menunggu pembangunan Kampus AKN Putra Sang Fajar. Sejak 2012 diusulkan dan baru terealisasi tahun ini," katanya.

Direktur Kampus AKN Putra Sang Fajar Blitar, Puji Herianto mengatakan sesuai master plan ada enam gedung yang akan dibangun di Kampus AKN Putra Sang Fajar, yaitu, gedung direktorat, gedung prodi, gedung alumni, gedung unitas, dan dua gedung sarana umum berupa aula dan masjid.

"AKN Putra Sang Fajar memiliki empat prodi, yaitu, pengolahan hasil ternak unggas, penyuntingan audio video, administrasi server dan jaringan komputer, dan otomasi perkantoran," katanya.

Dia menjelaskan Kampus AKN Putra Sang Fajar termasuk pendidikan tinggi vokasi, yaitu lebih pada pengembangan keterampilan.

Kampus AKN Putra Sang Fajar juga berfungsi sebagai pendidikan tinggi untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di daerah tingkat dua.

"Maksudnya untuk memberdayakan masyarakat di daerah tingkat dua yang belum kuliah agar bisa kuliah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan biaya murah," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved