Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pemkot Malang Minta Bantuan Kampus dan NU untuk Kuatkan Tracing

Pemkot Malang meminta bantuan Universitas di kota setempat untuk menangani penularan Covid-19 yang terus menyebar.

Stocktrek Images/Getty Images via Kompas.com
Ilustrasi Virus Corona 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemkot Malang meminta bantuan Universitas di kota setempat untuk menangani penularan Covid-19 yang terus menyebar.

Empat kampus yakni Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Malang, UIN Maliki dan Universitas Islam Malang menyatakan kesiapannya membantu pemerintah.

"Saat ini kami sedah kerja sama dengan Fakultas Kedokteran UB, UMM, Unisma dan UIN. Mereka nanti disebar di masing-masing kecamatan yang jumlahnya lima," ucap Husnul Muarif, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang, Kamis (18/6/2020).

Teknisnya, kata Husnul, bala bantuan dari universitas di Kota Malang itu akan berkoodinasi dengan puskesmas di masing-masing kecamatan.

Tugas paling pentingnya adalah melakukan tracing yang kini ingin dikuatkan. Sebab penularan paling dominan terjadi di klaster keluarga karena lemahnya tracinh.

"Cuman sampai saat ini belum kami bagi zonasinya. Intinya kami butuh bantuan tracing karena mungkin ada yang terlewat karena minimnya sumber daya," jelasnya.

Selain kampus, Pemkot Malang juga menggandeng Satgas Penanganan Covid-19 dari Nahdlatul Ulama.

"Tugas yang diberikan sama, yakni menguatkan tracing," tambah Husnul.

Husnul mengatakan saat ini ada 44 pasien yang tertular virus corona dari keluarga. Klaster terbaru adalah sebuah keluarga di Kelurahan Mergosono dengan jumlah terbanyak yakni sembilan orang.

"Sekarang ada lima klaster keluarga. Dua di Blimbing, dan lainnya Sukun dan Kedungkandang," terang Husnul.

Data dari Pemkot Malang terdapat 111 kasus per Rabu (17/6) sore dengan rincian 67 orang menjalani perawatan dan isolasi mendiri di rumah, 38 sembuh dan tujuh orang meninggal.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved