Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

2 Pekan Transisi New Normal Life, Pakar Unair Sebut Attack Rate Corona di Surabaya Meningkat Tajam

Attack Rate (AR) Virus Corona (Covid-19) di Kota Surabaya naik signifikan selama masa transisi new normal life

Editor: isy
SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Dr. Windhu Purnomo Tim Kajian Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Surabaya saat konferensi pers di Grahadi Jumat (9/5/2020) malam. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Airlangga Surabaya, Windhu Purnomo, mengungkapkan Attack Rate (AR) Virus Corona (Covid-19) di Kota Surabaya naik signifikan selama masa transisi new normal life. menjelang PSBB berakhir, AR Kota Surabaya berada di angka 90 per seratus ribu penduduk.

"Dalam waktu dua minggu pasca PSBB berakhir naik sebesar 75 persen. Dari 90 ke 150,7 per seratus ribu penduduk," kata Windhu, Senin (22/6/2020).

Hal ini cukup mengkhawatirkan, karena pada angka AR 90 per seratus ribu penduduk saja, menurut Windhu sudah paling tinggi secara nasional.

"DKI Jakarta memang kasusnya tertinggi di Indonesia tapi AR nya 70 pada saat itu. Masih kalah sama Surabaya yang waktu itu masih 90. Tapi sekarang hampir dua kali lipat dalam waktu dua minggu masa transisi ini," lanjutnya.

Windhu menjelaskan AR merupakan indikator besaran risiko penduduk di suatu wilayah terinfeksi Covid-19.

"Makin tinggi AR-nya, makin tinggi risiko untuk terinfeksi. Kalau AR-nya 150,7 artinya setiap 100 ribu penduduk ada 150 orang tertular. Padahal data ini saya prediksi masih seperti gunung es. Di bawah ada kemungkinan masih banyak lagi," ucap Windhu.

Tidak hanya di Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik pun juga mengalami kenaikan angka AR walaupun tidak setajam Kota Surabaya.

"Sidoarjo Attack Rate nya 48,7 dan gresik 30,9 per seratus ribu penduduk," ucap Windhu.

Seperti diketahui, pasca PSBB Surabaya Raya tidak diperpanjang, pemerintah daerah memutuskan untuk melakukan transisi new normal life.

Masa transisi ini ditetapkan selama 14 hari atau dua pekan semenjak PSBB Surabaya Raya berakhir pada Senin (8/6/2020) lalu.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved