Breaking News:

Virus Corona di Malang

Tenaga Kesehatan Belum Dapat Dana Insentif, Ini yang Dilakukan Dinkes Kabupaten Malang

Dinkes Kabupaten Malang tengah mengusulkan pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 ke Pemerintah Pusat.

SURYAMALANG.COM/Mohammad Erwin
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang tengah mengusulkan pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 ke Pemerintah Pusat.

"Tahapnya saat ini sudah kita usulkan ke pemerintah pusat tepatnya seminggu lalu. Tinggal menunggu bagaimana hasilnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo ketika dikonfirmasi, Senin (22/6/2020).

Karena masih diusulkan, alhasil tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat itu hingga kini belum menerima insentif. Arbani akan menerangkan apa adanya terkait perkembangan yang terjadi.

"Masalah nanti pada juknis (petunjuk dan teknis) itu berbeda dengan apa yang kita usulkan, ya kita sampaikan apa adanya kepada tenaga kesehatan yang bersangkutan. Itu dialokasikan dari APBN," beber pria yang mengawali karir sebagai dokter gigi ini.

Arbani menjelaskan tenaga kesehatan yang berhak mendapat insentif adalah yang bekerja di rumah sakit dan puskemas di Kabupaten Malang yang jadi rujukan penanganan COVID-19.

"Juga termasuk rumah sakit non rujukan, tapi sempat menangani pasien covid ya kami usulkan," tutur mantan Direktur Utama RSUD Lawang itu.

Pria berkacamata ini menambahkan, ada kriteria yang harus dipenuhi tenaga kesehatan guna mendapatkan insentif

"Kriterianya adalah tenaga kesahatan yang melayani COVID-19 meliputi konfirm positif atau tidak tetap kami usulkan," jelasnya.

Terkait jumlah insentif yang diterima tenaga kesehatan, Arbani belum menerangkan secara gamblang hanya sebatas perkiraan.

"Nilainya? Belum diketahui pasti, standar biayanya dari pusat dokter spesialis Rp 15 juta dokter umum Rp 10 juta ada suratnya," terang Arbani.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved