Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

DLH Kota Batu Rencanakan Tambah Biogas untuk 200 KK

Jumlah pengguna biogas di Kota Batu ditargetkan bertambah menjadi 500 KK pada tahun ini

SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kepala DLH Kota Batu, Arief As Sidiq 

SURYAMALANG.COM | BATU – Jumlah pengguna biogas di Kota Batu ditargetkan bertambah menjadi 500 KK pada tahun ini. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu bakal menambah 200 KK penerima manfaat biogas dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung.

Sebelumnya, sudah ada 300 KK yang memanfaatkan biogas dari TPA Tlekung. Kepala DLH Kota Batu, Arief As Sidiq menerangkan bahwa pihaknya akan menambah dua blower agar produksi gas metan bisa meningkat. Untuk satu blower setidaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp. 15 juta.

“Kami targetkan Agustus atau September. Paling lambat tahun 2021 warga sekitar bisa menerima manfaat tersebut," ujar Arief, Selasa (23/6/2020).

Total anggaran untuk penambahan 200 KK membutuhkan sekitar Rp 400 juta.

Pasalnya, selain mesin blower, anggaran tersebut juga untuk keperluan pemasangan instalasi penyaluran gas metan melalui pipa-pipa ke rumah warga.

“Intinya bagaimana TPA Tlekung ini akhirnya hanya menampung 20 ton sampah saja karena produksi sampah di Kota Batu per harinya bisa mencapai 60 ton untuk hari biasa dan 80 ton untuk akhir pekan,” tegasnya.

Ia berharap dengan adanya penambahan penerima manfaat biogas ini, bisa membuat masyarakat terbantu.

Ketua Komisi C, DPRD Batu, Khamim Tohari menyatakan dukungannya jika memang program tersebut betul-betul diseriusi.

Dikatakan Khamim, dewan sudah berulang kali ke TPA Tlekung untuk melihat langsung pengelolaan sampah dan dampaknya.

Dewan memang memberi perhatian tersendiri kepada TPA Tlekung meningkat volume sampah yang terus meningkat dari tahun ke tahun di Kota Batu.

“Kami sudah bisa mulai awal 2021. Dengan adanya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Reduce, Recycle, Reuse (TPS3R), maka bisa sangat mengurangi bau bahkan sampai 95 persen,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa DPRD Kota Batu akan menyetujui anggaran yang dibutuhkan oleh DLH untuk merealisasikan program tersebut. 

Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved