Berita Surabaya Hari Ini

Golkar dan Demokrat Bangun Koalisi Pilkada Serentak, Termasuk Pilbup Malang dan Pilwali Surabaya

Partai Golkar dan Partai Demokrat berencana membangun koalisi untuk pilkada serentak di 33 daerah, termasuk sembilan daerah di Jawa Timur.

Tribun Batam
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Partai Golkar dan Partai Demokrat berencana membangun koalisi untuk pilkada serentak di 33 daerah, termasuk sembilan daerah di Jawa Timur.

"DPP Partai Golkar dan DPP Partai Demokrat akan bertemu kembali untuk berbicara lebih detail soal teknis pilkada, dan soal koalisi di 33 daerah, termasuk di Jatim," kata Sarmuji, Ketua DPD Golkar Jatim kepada SURYAMALANG.COM, Senin (29/6/2020).

Pihaknya juga telah menyampaikan laporan perkembangan pilkada kepada DPP Golkar.

"Kami terima masukan dari pengurus di daerah soal dinamika dan peluang koalisi. Hal ini yang kami sampaikan ke DPP," katanya.

Sembilan daerah ini adalah Tuban, Lamongan, Sumenep, Gresik, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan, Pacitan, Surabaya, dan Ngawi.

Sarmuji menerangkan kerjasama dibangun atas beberapa alasan, seperti soal kecocokan terhadap figur calon kepala daerah.

"Misalnya di Lamongan. Kami sama-sama tertarik untuk mengusung ASN berpengalaman," ungkap Sarmuji.

Untuk beberapa daerah lain, Golkar juga mengusulkan kadernya.

"Misalnya di Pacitan. Calon dari internal Golkar. Kami juga juga sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat periode sebelumnya," terangnya.

Namun, peluang kebersamaan tersebut belum lah final.

"Tetap DPP yang akan memutuskan," kata anggota DPR RI ini.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhyono (AHY) telah sepakat berkoalisi di 33 daerah pada Pilkada serentak 2020.

"Partai Golkar dalam Pilkada ini ada 33 pasangan bersama dengan Partai Demokrat, dan ada potensi 31 daerah lainnya," kata Airlangga menerima kunjungan AHY di kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Di sisi lain, AHY mengatakan pertemuan pengurus Demokrat dengan Airlangga diharapkan membawa kebaikan dan semakin membangun sinergi, seperti Pilkada 2020.

"Semoga di berbagai daerah yang kami anggap potensial bisa memiliki chemistry yang baik antara kandidat yang kita usung."

"Hal itu menjadi kebaikan maka bisa kami bangun koalisi yang baik di daerah," kata AHY.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved