Berita Malang Hari Ini

Pembelajaran Daring Jadi Tantangan, Perlu Fleksibelitas Kurikulum

LP3 Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan serial webinar "Ngobrol Ceria" tentang pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Selasa (30/6/2020).

SMK Telkom Sandhy Putra Malang
ILUSTRASI - Kegiatan siswa SMK Telkom Sandhy Putra Malang saat PAT online dari rumahnya, Rabu (6/5/2020). 

SURYAMALANG.COM,MALANG - LP3 Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan serial webinar "Ngobrol Ceria" tentang pembelajaran di masa pandemi Covid-19, Selasa (30/6/2020).

Kali ini tentang implementasi kurikulum dan pembelajaran di sekolah menengah.

"Tujuannya agar bisa berbagi pengetahuan dan pembelajaran yang berkualitas untuk anak didik," kata Drs I Wayan Dasna MSi MPd PhD, Kepala LP3 UM.

Dalam kondisi darurat karena pandemi Covid-19, maka diberlakukan pembelajaran daring di semua jenjang pendidikan.

Bahkan Mendikbud sudah memutuskan pembelajaran daring diperpanjang hingga semester depan. Hal ini karena 94 persen populasi masih berada di zona non hijau.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud Maman Fathurrohman PhD menyatakan keterbatasan dan kebiasaan baru ini menjadi tantangan.

"Ada sisi positifnya. Sehingga berupaya bersikap efisien dengan adanya Covid-19," jelas dia. Dengan kondisi yang ada, maka dalam implementasi kurikulum, sekolah dan dinas pendidikan agar tidak memaksakan kompetensi inti-kompetensi dasar karena darurat. Sementara untuk penyerderhanaan kurikulum tahun ajaran 2020/2021 masih tahap progres. "Nanti perlu ada permendikbud dalam konteks ada relaksasi kurikulum," jelas Maman.

Dikatakan, meski nanti Covid-19 tidak ada lagi, perlu dilakukan fleksibilitas kurikulum. Karena masalah tidak hanya pandemi Covid, bisa jadi ada bencana alam lainnya. Misalkan tsunami, konflik sosial, perang.

Sehingga pemerintah harus menyiapkan kurikulum yang adaptif.

Bahkan dari PGRI juga mengusulkan adanya kurikulum darurat bencana. Ini mengisyaratkan ada kebutuhan masyarakat akan itu.

Halaman
123
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved