Berita Malang Hari Ini

Polda Jatim Launching Aplikasi TACS, Kapolresta Malang Kota Sebut 2 RS di Kota Malang Siap Terapkan

Polda Jatim merilis aplikasi berbasis web yaitu Traffic Accident Claim System (TACS).

Polresta Malang Kota
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata beserta para anggota Satlantas Polresta Malang Kota menyaksikan launching TACS secara virtual. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Polda Jatim merilis aplikasi berbasis web yaitu Traffic Accident Claim System (TACS) pada Selasa (30/6/2020). Kegiatan launching sendiri digelar di Surabaya dan dilakukan secara virtual bagi seluruh jajaran Polres dan Polresta di Jawa Timur.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan TACS adalah suatu aplikasi yang berbasis web atau online.

"Gunanya memudahkan pengurusan Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas (Jasa Raharja), bagi korban laka lantas yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit," ujarnya kepada TribunJatim.com saat menghadiri launching TACS secara virtual di ruangan MCC Polresta Malang Kota.

Dirinya menjelaskan beberapa tahapan penyelenggaraan pelayanan pengurusan asuransi melalui aplikasi tersebut.

"Yang pertama, korban laka lantas akan ditangani secara cepat oleh Unit Laka Lantas. Setelah itu korban akan dibawa mendapatkan perawatan medis secepatnya di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit. Kemudian korban laka lantas akan dilakukan pendataan," jelasnya.

Data korban akan diinput ke dalam aplikasi TACS baik oleh petugas baik Unit Laka Lantas atau petugas rumah sakit.

Setelah itu data yang telah diinput, akan dilakukan sinkronisasi oleh petugas PT. Jasa Raharja.

"Kemudian PT Jasa Raharja akan melakukan pembayaran klaim asuransi kecelakaan lalu lintas, kepada rumah sakit yang merawat korban laka lantas. Dan aplikasi ini sendiri terkoneksi selama 24 jam," bebernya.

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan aplikasi tersebut kepada rumah sakit di wilayah Kota Malang.

"Untuk saat ini yang telah siap dan telah menjalin MoU, ada dua rumah sakit. Dua rumah sakit itu adalah RST Dr. Soepraoen dan RS. Lavalette," tandasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved