Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Ada Potensi Baru, Bapenda Kota Malang Sasar Transaksi Online

Potensi yang disasar tersebut salah satunya adalah transaksi online seperti yang terjadi di sektor kuliner, perhotelan dan periklanan.

SURYAMALANG.COM/M Rifky Edgar
Kepala Bapenda Kota Malang, Ade Herawanto 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang saat ini sedang menyasar beberapa potensi baru guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang.

Potensi yang disasar tersebut salah satunya adalah transaksi online seperti yang terjadi di sektor kuliner, perhotelan dan periklanan.

Hal tersebut diharapkan Bapenda menjadi sebuah alternatif dalam meningkatkan PAD di saat pandemi.

Dikarenakan, di saat pandemi ini umumnya masyarakat banyak yang memanfaatkan kemudahan transaksi via aplikasi online yang pilihannya juga semakin banyak.

"Pengelola usaha kuliner seperti resto, cafe serta manajemen hotel dan pengusaha reklame harus menyadari bahwa mereka tetap menghimpun pajak dari customer,” ucap Kepala Bapenda Kota Malang, Ir Ade Herawanto MT.

Kesadaran inilah yang coba ditekankan kembali oleh Bapenda, mengingat masa keringanan atas berbagai insentif pajak di masa pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Hal ini sesuai instruksi Bapak Walikota dan arahan Komisi B DPRD tentang transaksi online. Sinkronisasi data diperlukan karena pajak yang mereka himpun adalah dari customer,” lanjut Sam Ade d’Kross, sapaan akrabnya.

Oleh karenanya Bapenda Kota Malang berupaya mengoptimalkan sinkronisasi data dengan pihak penyedia jasa aplikasi online seperti Go Food.

Jika perlu, Bapenda akan mengajak kerjasama atau sinkronisasi dilegalkan melalui perjanjian kerjasama dan MoU.

"Karena ini semua juga demi kepentingan masyarakat Bhumi Arema, bukan untuk kepentingan Pemkot Malang saja," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved