Virus Corona di Kediri

Musim Pembagian Bantuan Sosial di Kota Kediri, Warga Pendatang Musiman Bermunculan

Data Kantor Dinas Sosial Kota Kediri pada tahap pertama penerima Kartu Sahabat ada 13.089 paket keluarga penerima manfaat (KPM).

SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Tumpukan beras bantuan sosial untuk pemegang Kartu Sahabat siap dibagikan kepada masyarakat di Kota Kediri, Kamis (2/7/2020). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Musim pembagian bantuan sosial (bansos) membuat warga pendatang musiman di Kota Kediri banyak yang bermunculan.

Sehingga data warga penerima Kartu Santunan Bencana Tunai (Sahabat) semakin bertambah.

Data Kantor Dinas Sosial Kota Kediri pada tahap pertama penerima Kartu Sahabat ada 13.089 paket keluarga penerima manfaat (KPM).

Pada pembagian tahap kedua jumlahnya melonjak menjadi 22.774 paket KPM.

Rinciannya, Kecamatan Kota 7.174 KPM, Kecamatan Mojoroto 8.780 KPM dan Kecamatan Pesantren sebanyak 6.820 KPM. Sehingga ada tambahan 9.685 paket KPM.

Warga penerima Kartu Sahabat ini mendapatkan bansos berupa beras 10 kg dan uang tunai Rp 200.000.

Warga yang belum mendapatkan bantuan tahap pertama banyak mendatangi RT dan RW maupun kelurahan untuk mendaftar secara mandiri.

Martono, perangkat Kelurahan Burengan menuturkan, ada warga yang tidak pernah nongol, tahu-tahu menuntut haknya untuk mendapatkan bansos. "Jadi seperti pendatang musiman, musim bansos,” ungkapnya, Kamis (2/7/2020).

Beberapa warga memang ada yang memiliki KTP Kota Kediri namun domisili tidak di Kota Kediri. RT/RW sempat pusing menghadapi warga yang tiba-tiba hadir ketika ada bantuan.

Namun mereka tetap didata sebab tidak ada larangan bahwa warga ber-KTP di Kota Kediri, tapi domisili tidak tetap. Warga yang demikian juga mendapatkan haknya termasuk Kartu Sahabat.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved