Breaking News:

SBMPTN 2020

133 Orang Tak Hadir di Hari Ketiga UTBK SBMPTN 2020 Unej

Sebanyak 133 orang peserta UTBK SBMPTN 2020 di Pusat UTBK Universitas Jember (Unej) tidak hadir di hari ketiga

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: isy
SURYAMALANG.COM/Sri Wahyunik
Ilustrasi - Rapid test peserta UTBK SBMPTN di Kecamatan Kaliwates Jember, Kamis (2/77/2020). Pemkab Jember memfasilitasi raoid test peserta UTBK setelah mewajibkan peserta menjalani tes cepat tes. 

SURYAMALANG.COM | JEMBER - Sebanyak 133 orang peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Pusat UTBK Universitas Jember (Unej) tidak hadir sampai di hari ketiga pelaksanaan UTBK, Selasa (7/7/2020).

Berdasarkan data dari Bagian Humas Universitas Jember, pada hari pertama UTBK, Minggu (5/7/2020) ada 44 orang peserta tidak hadir. Rinciannya 22 orang di sesi pertama, dan 22 orang di sesi kedua.

Kemudian di hari kedua, ada 69 orang tidak datang yakni 34 orang di sesi pertama, dan 35 orang di sesi kedua. Sedangkan pada Selasa (7/7/2020), ada 20 orang tidak mengikuti ujian di sesi pertama.

Kepala Sub Bagian Humas Unej, Rokhmad Hidayanto, mengatakan peserta yang tidak hadir karena kendala kesehatan, segera melapor ke Pusat UTBK Unej.

“Kami mengimbau bagi peserta yang mengalami kendala dengan kesehatan seperti hasil reaktif dari rapid test, atau sedang sakit supaya segera menghubungi Pusat UTBK Unej agar bisa diusahakan pindah jadwal UTBK,” ujar Rokhmad.

Sebab mereka yang tidak hadir karena diketahui terkonfirmasi positif corona, atau reaktif dari rapid test, masih bisa memiliki kesempatan mengikuti ujian.

Jadwal mereka akan direlokasi, baik di UTBK tahap II, ataupun di waktu cadangan bulan Agustus mendatang.

Sementara itu, pelaksanaan UTBK SBMPTN di Unej sampai hari ketiga berjalan lancar.

Kekhawatiran berkumpulnya orang dalam jumlah banyak di Kampus Tegalboto (sebutan untuk kampus Unej), hingga berpotensi menjadi pusat penyebaran Covid-19 diantisipasi dengan penerapan protokol kesehatan sesuai arahan Kemendikbud, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember.

Guna memastikan penerapan protokol kesehatan pada saat UTBK di Pusat UTBK Universitas Jember berjalan dengan baik, tim pengawas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember melakukan kunjungan pengawasan ke Kampus Tegalboto (7/7/2020).

Tim pengawas memeriksa penerapan protokol kesehatan dari mulai peserta hadir, masuk ruangan hingga meninggalkan lokasi UTBK.

“Kami melihat proses protokol kesehatan dari semenjak peserta tiba hingga meninggalkan lokasi ujian, sudah dijalankan dengan baik. Peserta tiba diperiksa suhu badannya, masuk ruangan wajib mencuci tangan, bahkan sebelum meninggalkan lokasi UTBK pun wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer. Jadi istilahnya Clean and Clean, masuk kampus dalam kondisi bersih pulang pun dengan kondisi bersih,” ujar Rahman Subagyo, Ketua Tim Pengawas dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jember.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved