Breaking News:

Kesehatan

Udara Jadi Sarana Penyebaran Virus Corona, Ini Rekomendasi WHO Tentang Cara Pencegahan Penularan

WHO mengeluarkan ringkasan ilmiah terbaru yang merangkum tentang berbagai cara penularan virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Pixabay/Coyot
Ilustrasi masker 

SURYAMALANG.COM - WHO mengeluarkan ringkasan ilmiah terbaru yang merangkum tentang berbagai cara penularan virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Laporan singkat 10 halaman yang diunggah pada Kamis (9/7/2020) itu mempertimbangkan semua cara yang menurut peneliti dapat menyebabkan virus corona dapat menyebar.

Rilis tersebut dapat dibaca di sini.

Penularan virus corona dapat menyebar melalui kontak langsung seperti melalui sekresi dari orang yang terinfeksi, misalnya air liur; melalui droplet atau percikan pernapasan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi; melalui microdroplet yang memiliki potensi menyebar pada jarak lebih jauh; dan melalui permukaan yang terkontaminasi.

Laporan terbaru WHO juga melihat kemungkinan virus ditularkan dari ibu ke anak, dari hewan ke manusia melalui kontak dengan urine, tinja, dan darah.

Menimbang banyaknya bukti, WHO mengatakan bahwa virus corona sebagian besar menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Namun, penelitian lebih lanjut menemukan penularan Covid-19 melalui partikel aerosol yang ada di udara.

Aerosol adalah tetesan pernapasan yang sangat kecil sehingga dapat menempel di udara selama berjam-jam dan dalam jarak jauh.

Pernyataan resmi ini menyusul surat terbuka dari 239 ilmuwan yang meminta WHO untuk mempertimbangkan penularan melalui udara atau airborne.

Ilmuwan menyebutnya transmisi aerosol.

Halaman
123
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved