Breaking News:

Jelang Hari Raya Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Alami Penurunan Penjualan 30 Persen

Meski terjadi pandemi Covid 19, para pedagang hewan kurban ini tetap optimis stok hewan ternak yang dijualnya akan habis meskipun stok turun

SURYAMALANG.COM/Ahmad Zaimul Haq
PENJUALAN MENURUN - Penjual hewan kurban di kawasan Mayjen Sungkono, Surabaya. Jelang Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli mendatang penjualan hewan kurban mengalami penurunan hingga 30 persen. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Penjualan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha cenderung menurun tahun ini.

Keluhan penurunan jumlah penjualan hewan kurban itu dilontarkamn penjual di Surabaya.,

Sejumlah penjual hewan Kurban mulai bermunculan di Surabaya. Pasalnya, momen tersebut sangat dinantikan para penjual hewan kurban untuk panen keuntungan.

Meski terjadi pandemi Covid 19, para pedagang hewan kurban ini tetap optimis stok hewan ternak yang dijualnya akan habis meskipun telah dilakukan penurunan stok hewan.

Satu di antaranya yaitu Deni Setiawan (30). Ia mengatakan sejak adanya pandemi Covid-19 membuat pesanan hewan kurban miliknya mengalami penurunan penjualan.

Jika tahun lalu, dirinya bisa menyiapkan 100 ekor sapi, tetapi tahun ini dirinya hanya mampu menyiapkan 64 ekor sapi.

“Tahun kemarin stoknya sampai 100 ekor dan laku hampir 80 persennya. Saat ini sudah laku 30 ekor sapi yang kami stok sekitar 64 ekor,” katanya, Lahan samping Gedung Juang 45, Surabaya, Sabtu (11/7/2020).

Deni mengaku, meski mengalami penurunan penjualan hingga 30 persen, harga hewan kurban stabil. 

“Relatif tetap harganya, sekitar 15 sampai 40 juta (rupiah) tergantung jenis sapi dan bobotnya,” lanjutnya.

Kebanyakan, hewan ternak kurban miliknya didatangkan langsung dari Madura, Babat, Lamongan, Gresik dan Tuban dengan jenis madura, PO, limosin, simental dan pegon.

Dalam segi kesehatan, Lanjutnya, semua hewan ternak kurban yang dijualnya telah mengantongi surat sehat dari dokter hewan.

(Mayang Essa)

Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved