Breaking News:

Liga 1 2020 Dilanjutkan Mulai 1 Oktober, Pakar Epidemiologi Unair Ingatkan Risiko Covid-19 di Jatim

Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dr Windhu Purnomomenilai kawasan Jawa Timur masih belum kondusif untuk menggelar kompetisi

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ILUSTRASI - Pertandinga Arema FC vs Persib Bandung dalam laga Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (8/3/2020). Pakar menilai berisiko menggelar laga lanjutan di Jatim 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Rencana digulirkannya kembali kompetisi Liga 1 2020  di tengah pandemi Virus Corona turut direspon oleh  Pakar Epidemiologi .

Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dr Windhu Purnomo angkat suara dan menyebut cukup berisiko, khususnya bila pertandingan digelar di Jawa Timur.

Dia menilai kawasan Jawa Timur masih belum kondusif untuk menggelar kompetisi sepak bola.

Sementara itu ada tim yang rencananya mulai menggelar latihan pada bulan depan.

"Jelas berisiko. Dari 37 kab/kota pada Minggu ini hanya ada 5 kab/kota yang beresiko rendah (zona kuning), lainnya masih orange (resiko sedang) dan merah (resiko tinggi)," kata Windhu kepada TribunJatim, Sabtu (11/7/2020).

Oleh demikian, mempertimbangkan masih banyaknya kawasan dengan tingkat resiko sedang dan tinggi, dr. Windhu tidak setuju bila kedepan Jatim jadi venue pertandingan.

Seperti diketahui PSSI dan Operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) telah sepakat menggulirkan kembali kompetisi pada 1 Oktober mendatang.

Dalam surat bernomer 244/LIB-COR/VII/2020 pada Jumat (10/7/2020) PT LIB mengumumkan kompetisi musim ini bergulir kembali pada 1 Oktober - 28 Februari 2021.

Sementara itu, PSSI dan PT LIB dalam surat tersebut menjelaskan akan menggelar semua pertandingan di pulau Jawa, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya.

"Selama masih ada daerah yang orange dan merah yang sangat dinamis perubahannya ini, maka sebetulnya belun saatnya kompetisi sepakbola diaktifkan lagi," jelasnya.

(Ndaru Wijayanto.)

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved