Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Dinilai Salahi Prosedur, MCW Laporkan Kejari Batu ke Komisi Kejaksaan RI

Malang Corruption Watch (MCW) melaporkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu ke Komisi Kejaksaan Republik Indonesia

benni indo/suryamalang.com
Anggota Divisi Advokasi Unit Monitoring Hukum dan Peradilan MCW, Raymond Tobing. 

SURYAMALANG.COM | BATU – Malang Corruption Watch (MCW) melaporkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu ke Komisi Kejaksaan Republik Indonesia. Laporan itu telah dikirim MCW pada Senin (12/7/2020).

MCW melaporkan Kejaksaan Negeri Batu ke Komisi Kejaksaan RI karena menilai kinerja Kejari Batu cacat prosedur dalam pengusutan kasus dugaan penggelapan PBB Desa Sumberejo. Anggota Divisi Advokasi Unit Monitoring Hukum dan Peradilan MCW, Raymond Tobing memaparkan, Kejari Batu tidak mengeluarkan surat pemanggilan resmi terhadap orang-orang yang dipanggil untuk dimintai keterangan.

Justru, lanjutnya, pemanggilan para saksi ke Kejari Batu melalui surat Pemerintah Desa Sumberejo. Pemerintah Desa Sumberejo mendapatkan pesan dari Kejari Batu.

Raymond mengaku memiliki bukti otentik yakni foto percakapan pesan pendek dan foto surat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Sumberejo.

Di samping itu, MCW menemukan banyak proses pengusutan dugaan tindak pidana korupsi yang tidak selesai.

“Menurut kami secara umum, bahwasannya Kejari Batu lamban. Yang sampai ke telinga kami ini ada 3 kasus. Salah satunya PBB Sumberejo, kedua pengadaan lahan SMA N 3, terakhir kasus BWR,” ujar Raymond.

Dalam kasus dugaan penggelapan PBB di Desa Sumberejo, Raymond menceritakan kronologisnya.

Awalnya kasus tersebut terbongkar ketika ketika ada warga yang ingin menjual tanahnya.

“Yang namanya transaksi benda tidak bergerak, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal yang dicek. Ketika diproses itu, ada sejumlah catatan tentang pajak, padahal yang bersangkutan sudah membayar pajak rutin. Tapi di catatan petugas pajak banyak yang bolong,” ujar Raymond.

Akhirnya, mitra MCW di Desa Sumberejo membuat posko pengaduan.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved