Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Gelar Operasi Patuh Semeru 2020, Polres Batu Pantau Protokol Kesehatan

Polres Batu menggelar Operasi Patuh Semeru 2020 mulai Kamis (21/7/2020) hingga dua minggu ke depan

Polres Batu
Pelaksaan apel pasukan Satlantas Polres Batu untuk Operasi Patuh Semeru 2020 di halaman Mapolres Batu, Kamis (23/7/2020). 

SURYAMALANG.COM | BATU – Polres Batu menggelar Operasi Patuh Semeru 2020 mulai Kamis (21/7/2020) hingga dua minggu ke depan. Operasi tahun ini dipastikan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena digelar di tengah pandemi corona.

Kasat Lantas Polres Batu, AKP Mala Darlius Nanda Kurniawan, mengatakan selain menegakkan hukuman pada pelanggar lalu lintas, Operasi Patuh Semeru 2020 ini juga menekankan dan mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kami tetap menekankan protokol kesehatan. Operasi Patuh Semeru 2020 ini kami jadikan sarana untuk melakukan kegiatan agar masyarakat tertib mematuhi protokol kesehatan," papar Darlius seusai gelar pasukan di Mapolres Batu, Kamis (23/7/2020).

Untuk memberi contoh, petugas yang bertugas di lokasi juga menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini agar masyarakat merasa aman dan terlindungi.

Dalam proses penegakan hukum, pihaknya juga melakukan edukasi dan teguran pada masyarakat.

Namun jika pelanggarannya fatal, lanjut Darlius, petugas tak akan segan melakukan penindakan pada pengendara tersebut.

"Kami menggunakan dasar UU Lalu Lintas, ada kegiatan yang didasari masalah penegakan hukum dan kita banyak melakukan edukasi ke masyarakat. Tapi jika dilihat anggota di lapangan, pelanggaran itu berdampak pada laka lantas yang membuat fatal, akan anggota akan melakukan tindakan," jelasnya.

Sejumlah prioritas pelanggaran yakni pengendara yang melawan arus, pengendara di bawah umur, mengoperasikan ponsel saat berkendara, memacu kendaraan dengan ugal-ugalan, berkendara dalam pengaruh alkohol, tidak menggunakan helm hingga tidak memakai sabuk pengaman.

"Pelanggaran lalu lintas tentunya masalah kelengkapan administrasi, kelengkapan kendaraan, itu yang akan dilakukan pengecekan pada anggota di lapangan," tutupnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved