Breaking News:

Berita Bangkalan Hari Ini

Bangkalan Suplai 15 Ribu Ekor Sapi Kurban ke Banten dan DKI Jakarta, Sumbang PAD Rp 150 Juta

Sapi potong dari Bangkalan ini terbukti telah membantu penguatan suplai untuk daerah lain terutama DKI Jakarta dan Banten. Bahkan sudah memberikan PAD

SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung mengecek stok hewan kurban di Pasar Tanah Merah dan Gapoktan ternak di Desa Pettong Kabupaten Bangkalan jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Sabtu (25/7/2020) siang.  

SURYAMALANG.COM, BANGKALAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung mengecek stok hewan kurban di Pasar Tanah Merah Kabupaten Bangkalan jelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Sabtu (25/7/2020) siang.

Dalam kegiatan tersebut Khofifah juga aktif membagikan masker pada pedagang pasar hewan yang mayoritas tidak mengenakan masker dan tidak menerapkan physical distancing.

Tidak hanya di Pasar Hewan Tanah Merah, di Bangkalan, Khofifah juga mendatangi Kelompok Tani Ternak Usaha Bersama di Desa Pettong Kabupaten Bangkalan.

“Tadi kita ke pasar hewan tanah merah Bangkalan. Tiga hari lalu saya ke dua peternak di Lamongan. Lalu sekarang berada di desa pettong. Pada saat pandemi sekarang masyarakat tersupport oleh gapoktan di sini. Yang mereka bisa tetap jalankan ibadah untuk pemotongan hewan kurban dengan mengakses secara online,” kata Khofifah.

Ia mengapresiasi sistem penjualan online yang diterapkan oleh peternak di Bangkalan.

Pasalnya hal tersebut menunjang sistem penjualan hewan kurban di era pandemi covid-19 semacam ini.

Beberapa pembeli online hewan kurban di Gapoktan ini justru membeli dari luar daerah untuk kemudian dikurbankan hewannya sekalian di daerah ini dengan pembayaran dan mekanisme yang serba online.

“Artinya di era pandemi seperti ini format online ini menurut saya menurut saya sangat inovatif dan menjadi ikhtiar yang mereka lakukan agar hewan ternak mereka tetap laku,” kata gubernur perempuan pertama Jatim ini.

Di Pettong, Khofifah juga menyempatkan diri untuk meninjau proses inseminasi buatan pada sapi di Gapoktan di desa ini. Yang mereka memiliki 200 lebih sapi potong.

Dalam kesempatan ini Khofifah juga turut menyiapkan sektor hulu dan hilir dalam pengembang biakan industri peternakan.

Khofifah ingin agar di desa Pettong ini juga disiapkan pabrik skala kecil untuk pembuatan pakan dan untuk peternakan hewan ini.

“Karena Pemprov Jatim ini juga sudah melakukan inseminasi buatan untuk sapi pejantan. Artinya proses ini akan menguatkan bagaimana pembiakan dari sapi potong yang ada di Bangkalan,” kata Khofifah.

Penguatan sapi potong Bangkalan ini menurut Khofifah harus terus didorong.

Karena sapi potong dari Bangkalan ini terbukti telah membantu penguatan suplai untuk daerah lain terutama DKI Jakarta dan Banten. Bahkan sudah memberikan PAD untuk Jawa Timur.

“Sapi Bangkalan ini sudah menyuplai hewan kurban untuk Banten dan DKI Jakarta sebanyak 15.000 ekor.Sudah menyumbang PAD sampai Rp 150 juta. Tapi jangan memandang nilainya tapi bahwa sapi Bangkalan ini adalah suplier untuk sapi potong karena kualitasnya yang sangat baik,” kata Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved