Breaking News:

Nasional

Ini Panduan Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelian Hewan Kurban di Tengah Pandemi Virus Corona

Ini Panduan Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelian Hewan Kurban di Tengah Pandemi Virus Corona

SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ILUSTRASI - Ribuan umat Islam melakukan salat Idul Adha 1439 H di Masjid Agung Jamik hingga meluber ke Alun-alun Merdeka Kota Malang, Rabu (22/8/2018). 

SURYAMALANG.COM - Hari Raya Idul Adha 1441 akan jatuh pada Jumat (31/7/2020), ketika Indonesia masih diterjang wabah virus corona atau Covid-19.

Pemerintah, melalui Kementerian Agama, menekankan bahwa pelaksanaan salat Idul Adha harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, pekan lalu, mengatakan, pelaksanaan salat id dan penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan di daerah yang dianggap aman dari penyebaran Covid-19.

"Menurut Menag, salat Idul Adha maupun penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah kecuali pada tempat-tempat yang dianggap masih belum aman Covid-19 oleh pemerintah daerah atau gugus tugas daerah," kata Zainut Tauhid Sa'adi melalui keterangan resmi kepada Kompas.com, Rabu (22/7/2020).

Bagaimana panduan salat Idul Adha?

Menteri Agama Fachrul Razi memberi keterangan pers di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (18/2/2020).
Menteri Agama Fachrul Razi memberi keterangan pers di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (18/2/2020). (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Mengutip Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020, Menteri Agama RI Fachrul Razi memberlakukan sejumlah protokol atau aturan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan ibadah salat Idul Adhs.

Demikian pula penyembelihan hewan kurban serta distribusinya pada masa pandemi virus corona.

Pelaksanaan salat Idul Adha yang dilakukan di lapangan atau masjid atau ruangan harus memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Berikut panduan dalam salat Idul Adha 1441 Hijriah:

1. Menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan;

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved