Berita Malang Hari Ini

Keluhan Soal Belajar Daring, MCW Desak Ada Perwal Agar Dana Bos Bisa Bantu Siswa

MCW mendesak ada semacam surat edaran atau peraturan kepala daerah agar permendikbud nomer 19 tahun 2020 dilaksanakan oleh sekolah.

Instragram.com/mcwngalam
Pamflet MCW yang menyoroti dana bos reguler yang harusnya bisa buat membantu siswa untuk paket data tapi tidak ada realisasinya. Padahal siswa membutuhkan untuk membeli pulsa atau paket data untuk belajar lewat daring saat pandemi Covid-19. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Malang Corruption Watch (MCW) mendesak ada semacam surat edaran atau peraturan kepala daerah seperti peraturan walikota agar permendikbud nomer 19 tahun 2020 dilaksanakan oleh sekolah.

Hal ini karena banyak keluhan orangtua yang masuk ke MCW karena belajar di rumah dengan daring.

Mereka harus mengeluarkan dana untuk pembelian paket data untuk mendukung kegiatan anaknya di rumah.

"Di permendikbud nomer 19/2020 itu tentang dana BOS reguler yang bisa dipakai saat pandemi untuk memberi pulsa siswa, paket data hingga pembelian hand sanitizer untuk pencegahan Covid-19. Ini disebutkan di pasal 9A ayat 1," kata Ibnu Syamsu, Wakil Koordinator Badan Pekerja MCW pada suryamalang.com, Jumat (31/7/2020).

Tapi meski permendikbud itu sudah lama keluar, nampaknya sekolah enggan merubah RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah).

Terbukti tidak ada bantuan dari sekolah ke siswa. Bahkan informasi adanya itu tidak sampai ke walimurid. Terbukti masih banyak yang walimurid yang mengeluhkan.

Menurut Ibnu, desakan membuat SE/peraturan kepala daerah di Malang Raya.

"Bukan hanya untuk Kota Malang. Kami juga dapat keluhan dari seorang ibu di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang."

"Ia memiliki empat anak. Sedang ia baru diberhentikan sebagai penjaga toko di mall," terangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan empat anak juga menjadi masalah sendiri. Dikatakan, jika ada peraturan/SE dari pemerintah daerah, maka bisa menjadi acuan bagi sekolah melaksanakannya.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved