Breaking News:

Berita Persebaya Hari Ini

Pesawat NASA Bawa Nama Bonek Persebaya Menuju Planet Mars

Perseverance, robot berbentuk mobil dalam Atlas V yang diberangkatkan NASA ke Planet Mars adalah yang membawa nama Bonek Persebaya

Instagram NASA
Pesawat Atlas V yang digunakan dalam perjalanan ke Planet Mars 

SURYAMALANG.COM - Bonek suporter Persebaya Surabaya ada di mana-mana. Kalimat tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, tak tanggung-tanggung, Bonek akan terlibat dalam perjalanan luar angkasa menuju Planet Mars.

Hal ini cocok, sebagaimana yang tersemat dalam lirik lagu Persebaya Emosi Jiwaku: Terbanglah tinggi kau di angkasa, tunjukkan pada semua mata dunia, Surabaya pun juga punya kebanggaan, Green Force Persebaya emosi jiwaku.

Kisah ini bermula kala Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengembangkan proyek prestisius menjelajahi Planet Mars dengan pesawat Atlas V. Dalam perjalanan luar angkasa ini, NASA turut membawa nama Bonek Persebaya ke Planet Mars. Misi angkasa ini sudah diberangkatkan, Kamis (30/7/2020) malam, dan akan tiba di Mars pada Februari 2021.

Perseverance, robot berbentuk mobil dalam Atlas V yang diberangkatkan NASA ke Planet Mars adalah yang membawa nama Bonek Persebaya. Misi utama perjalanan ini adalah untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Planet Mars dan mengumpulkan sampel untuk dikirim kembali ke Bumi.

Yudhiakto Pramudya, anggota Bonek Writer Forum (BWF) sekaligus dosen fisika Universitas Achmad Dahlan Yogyakarta adalah sosok di balik keikut-sertaan Bonek Persebaya menuju luar angkasa. Yudhiakto Pramudya mendaftarkan nama Bonek Persebaya ke NASA.

“Nama Bonek Persebaya diukir di lempeng silikon. Mengukirnya dengan menggunakan berkas elektron, sehingga bisa menulis jutaan nama yang sudah disetor. Jadi mirip mengukir nama pemenang atau juara di piala,” kata Yudhiakto melalui pesan tertulis kepada SURYA,  Jumat (31/7/2020).

Plakat Bonek Persebaya yang dibawa ke Planet Mars
Plakat Bonek Persebaya yang dibawa ke Planet Mars (Bonek Writer Forum (BWF))

Diceritakan Yudhiakto, sebenarnya ia iseng mendaftarkan nama Bonek Persebaya dalam proyek luar angkasa ini. NASA membuka peluang kepada warga Bumi untuk mendaftarkan nama untuk dibawa dengan Perseverance ke Planet Mars. Ada 10,9 juta nama yang terbang bersama Perseverance.

Sebelumnya, ada klub Independiente, Argentina, yang ikut penerbangan ke luas angkasa. Yakni, pada tahun 1969, petugas humas klub itu Hector Rodriguez yang meminta kepada Neil Armstrong, salah satu astronot Apollo 11 yang ke Bulan, untuk membawa panji klub ke antariksa.

Dengan terdaftar di Perseverance, Yudhiakto percaya, akan ada semacam keterikatan pemikiran. Misal, seseorang yang namanya tercantum dalam robot tersebut, maka ia akan cenderung mengikuti kabar perjalanan robot Perseverance tersebut dari masa ke masa.

“Selain adanya kebanggan nama Bonek Persebaya terukir di robot tersebut, tentunya makin banyak Bonek yang berminat mengikuti kabar robot Perseverance, kepo tentang apa sih yang dilakukan robot itu, dan tentunya bolehlah menaruh harapan agar lebih banyak Bonek yang peduli dan mendukung sains dan teknologi,” kata Yudhiakto yang menyandang gelar doktor fisika lulusan Wesleyan University, negara bagian Connecticut, Amerika Serikat itu.

Koreo Bonek dan Bonita di tribun utara saat Persebaya Surabaya menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (8/12/2018).
Koreo Bonek dan Bonita di tribun utara saat Persebaya Surabaya menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (8/12/2018). (SURYAMALANG.COM/Habibur Rohman)
Penulis: Eko Darmoko
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved