Breaking News:

Berita Mojokerto Hari Ini

Destinasi Wisata Cagar Budaya di Trowulan Kabupaten Mojokerto Dibuka, Gratis Selama Masa Uji Coba

Disparpora Kabupaten Mojokerto bersama BPCB Jawa Timur kembali membuka sejumlah destinasi wisata cagar budaya

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: isy
mohammad romadoni/suryamalang.com
Suasana di dalam Museum Trowulan, Kabupaten Mojokerto. 

SURYAMALANG.COM | MOJOKERTO - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto bersama BPCB Jawa Timur kembali membuka sejumlah destinasi wisata cagar budaya di Mojokerto. Adapun destinasi wisata cagar budaya yang kembali beroperasi mulai Senin (3/8/2020) yaitu Museum Trowulan, Candi Bajangratu, Candi Tikus dan Candi Brahu.

Kepala Disparpora Pemkab Mojokerto, Amat Susilo, menjelaskan pihaknya bersama BPCB Jawa Timur telah sepakat untuk membuka wisata cagar budaya di kawasan Trowulan, Mojokerto.

"Selama masa uji coba wisata cagar budaya seperti museum Trowulan, Candi Bajangratu, Candi Tikus dan Candi Brahu tidak dipungut biaya masuk alias gratis," ungkapnya, Senin (3/8).

Ia mengatakan masa percobaan ini bersamaan proses pembaruan kerjasama antara Pemerintah Daerah dan BPCB Jatim terkait pengelolaan wisata cagar budaya ini.

Pihaknya, masih menunggu Memorandum Of Understanding (MoU) dari Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pengelolaan wisata cagar budaya tersebut.

"Selama proses perbaikan kerjasama dan MoU maka destinasi wisata cagar budaya tetap dibuka untuk masyarakat secara gratis kemungkinan sekitar satu pekan," jelasnya.

Menurut dia, pembukaan wisata cagar budaya ini diharapkan mampu kembali menggerakkan roda perekonomian dan masyarakat tetap produktif pada masa transisi tatanan normal baru selama Pandemi Covid-19.

"Pengunjung diharapkan tetap patuh protokol kesehatan ketika berada di area pariwisata," ucapnya.

Ditambahkannya, pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas daya tampung di tempat pariwisata.

Kapasitas museum Trowulan dan tiga wisata candi sekitar 50 orang.

Harga tiket masuk tempat pariwisata cagar budaya di kawasan Trowulan sekitar Rp 5000.

"Pengunjung dibatasi sehingga kini daya tampung yang diperbolehkan maksimal 25 orang di dalam museum Trowulan atau tiga candi di sekitarnya," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved