Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Ikut Andil Penanganan Corona, Pemkot Beri Penghargaan Pembebasan Pajak ke Hotel Mutiara Baru Batu

Pemkot Batu memberikan penghargaan berupa pembebasan pajak kepada Hotel Mutiara Baru

benni indo/suryamalang.com
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat di Hotel Mutiara Baru pada 17 Juli 2020. 

SURYAMALANG.COM | BATU - Pemkot Batu memberikan penghargaan berupa pembebasan pajak kepada Hotel Mutiara Baru. Penghargaan itu diberikan sebagai hadiah karena hotel yang terletak di depan Rumah Dinas Wali Kota Batu tersebut memiliki andil dalam upaya menyembuhkan pasien corona di Kota Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, belum lama ini mengutarakan rasa terima kasihnya karena Hotel Mutiara Baru telah menyediakan ruangan untuk karantina pasien positif Covid-19 di Kota Batu.

"Kami berterima kasih kepada Hotel Mutiara Baru karena hotel ini telah menjadi tempat karantina pasien positif Covid-19 Kota Batu. Bahkan, banyak pasien yang dikarantina sembuh," ujar Dewanti.

Pada 17 Juli 2020, Dewanti melepas 48 warga Kota Batu yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 di Hotel Mutiara Batu.

Menurutnya, pembebasan pajak bagi Hotel Mutiara Baru sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan mempertimbangkan asas keadilan dan timbal balik.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, menambahkan penghargaan yang diberikan adalah pembebasan pajak, yang saat ini masih dalam proses keputusan Wali Kota.

"Untuk teknisnya, pembebasan pajak tidak dikenakan pada subjek pajak atau konsumen atas pembayaran kamar. Kemudian wajib pajak atau hotel juga tidak diperkenankan memungut pajak kepada konsumen," bebernya.

Meski begitu, wajib pajak atau hotel tetap wajib melaporkan SPTPD sesuai omzet kepada Badan Keuangan Daerah (BKD).

"Dengan catatan kamar yang digunakan untuk posko bernilai nihil," sambungnya.

Tak hanya itu, Pemkot Batu sebelumnya juga telah memberikan keringanan pada pelaku perhotelan secara umum, yakni memberikan pembebasan pajak hotel dan resto maksimal 50 persen dalam rangka pemulihan ekonomi.

Dari data BKD hingga akhir Juli kemarin. Untuk pajak hotel telah mencapai Rp 12,3 miliar atau 31,33 persen dari target Rp 39,5 miliar.

"Saat ini, tersisa empat orang yang menjalani karantina di Hotel Mutiara Baru," pungkasnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved