Breaking News:

Berita Ponorogo

Batal Karena Corona, Pemkab Ponorogo Anggarkan Program Umroh Gratis untuk Kiai Kampung Tahun Depan

Program umroh gratis untuk marbot dan pengurus masjid yang digagas Pemkab Ponorogo ditunda.

Tribunnews.com
Ilustrasi 

SURYAMALANG.COM, PONOROGO - Program umroh gratis untuk marbot dan pengurus masjid yang digagas Pemkab Ponorogo ditunda. Penundaan ini berlangsung hingga pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuka kembali kunjungan wisatawan dari luar negeri.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menjelaskan program umroh gratis ini sudah dijalankan sejak 2017 sebagai bentuk penghargaan kepada kiai kampung yang sudah secara sukarela mengurus masjid dan musholla di desa-desa di Ponorogo. Tadinya, Ipong memberikan kuota umroh untuk 1.000 kiai kampung di 2020 ini.

"Sesuai kemampuan keuangan daerah. Sampai hari ini sudah 500 jemaah yang berangkat, kalau tidak ada Covid-19 harusnya akhir 2020 sudah 1.000 orang," kata Ipong, Jumat (14/8/2020).

Sementara itu, Kabag Admnistrasi Kesra Setda Ponorogo Fadlal Kirom, menjelaskan karena adanya Pandemi Covid-19 ini pemerintah juga turut merealokasi berbagai anggaran termasuk anggaran untuk umrah gratis tersebut.

‘’Kalau sesuai jadwal, peserta umrah berangkat April. Tapi harus tertunda karena kebijakan pemerintah Arab Saudi. Lalu juga ada realokasi untuk penanganan pandemi,’’ tukas Fadlal.

Namun begitu, pada perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (P-APBD) 2020 ini,

Pemkab Ponorogo rencananya akan kembali menyediakan anggaran umrah tersebut.

Saat ini bagian administrasi kesejahteraan masyarakat (kesra) telah mengusulkan Rp 6 miliar, dengan asumsi peserta umrah sejumlah 355 orang

"Saat ini, usulan tersebut sudah sampai di meja tim anggaran Pemkab," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved