Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Polresta Malang Kota Gelar Operasi Pemeriksaan Penggunaan Masker, Ini Tujuannya

Polresta Malang Kota gelar operasi pemeriksaan penggunaan masker, Selasa (18/8/2020).

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Salah satu anggota Polresta Malang Kota saat dilakukan penindakan karena tidak memakai masker. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Lakukan sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) No 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19, Polresta Malang Kota gelar operasi pemeriksaan penggunaan masker, Selasa (18/8/2020). Operasi digelar di pintu gerbang masuk Mapolresta Malang Kota.

Dengan sasaran operasi adalah para anggota kepolisian, ASN Polresta Malang Kota, serta masyarakat yang sedang melintas di depan Mapolresta Malang Kota. Dalam operasi yang digelar mulai pukul 06.00-07.30 WIB tersebut, masih ditemukan beberapa anggota dan masyarakat tidak memakai masker.

Beragam alasan pun dilontarkan, seperti tak sengaja lupa menggunakan masker serta merasa gerah saat memakai masker. Sanksi sosial pun diberikan bagi yang tidak memakai masker, di mana untuk anggota kepolisian diberikan sanksi sosial push up, sedangkan untuk masyarakat disuruh membaca Sila Pancasila.

Seusai menjalani sanksi sosial, mereka yang tak memakai masker langsung diberi masker secara gratis.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Inpres No 6 Tahun 2020.

"Inpres ini mengamanatkan kepada TNI Polri untuk melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Namun sebelum kami melakukan penegakan disiplin kepada masyarakat, kami terlebih dulu melakukan kegiatan penegakan disiplin kepada anggota kami. Jangan sampai anggota kami melakukan penegakan disiplin ke masyarakat, tetapi anggota kami malah justru tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19," terangnya kepada TribunJatim.com.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak tiga anggota kepolisian Polresta Malang Kota dilakukan penindakan secara administratif.

"Ada tiga anggota kami yang tidak menggunakan masker. Kami ambil kartu tanda anggota (KTA) dan kami berikan tindakan disiplin berupa push up kepada yang bersangkutan," bebernya.

Mantan Wakapolrestabes Surabaya ini juga mengungkapkan bahwa pemeriksaan tersebut akan terus menerus dilakukan secara konsisten kepada para anggotanya.

"Jika masih ada anggota yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, maka akan diberi tindakan tegas. Akan kami lakukan proses hukum (sanksi administratif)," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved