Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Peserta Dari Luar Negeri Ikuti Seleksi Mandiri UIN Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang melakukan seleksi mandiri lewat daring selama tiga hari mulai Kamis (27/8/2020).

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Para penguji melakukan seleksi calon mahasiswa baru UIN Maulana Malik Ibrahim Malang jalur mandiri lewat daring, Kamis (27/8/2020). Jumlah pendaftar 5255 peserta yang akan diseleksi selama tiga hari. 

SURYAMALANG.COM, MALANG - UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang melakukan seleksi mandiri lewat daring selama tiga hari mulai Kamis (27/8/2020).

Ini merupakan urutan terakhir seleksi calon mahasiswa baru di PTN ini. Jumlah peserta seleksi ada 5255 orang. Selain peserta dari Indonesia, juga ada dari luar negeri.

"Jumlahnya 10 orang peserta luar negeri di seleksi mandiri," jelas Mahfudz Shodar, Kabiro Akademik Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AUPK) UIN Malang pada suryamalang.com, Kamis (27/8/2020).

Asal negara mereka seperti dari Rusia, Thailand, Yaman dan Sudan.

Ditambahkan oleh Imam Ahmad, Ketua Panitia Seleksi Jalur Mandiri, meski merupakan seleksi terakhir, UIN tidak mau asal-asalan.

"Terbukti, mahasiswa jalur seleksi mandiri dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, kualitasnya bagus di akademik," jelas Imam.

Karena itu tetap dilakukan seleksi daring. Bukan hanya portofolio. Karena peserta cukup banyak, maka per hari ada sekitar 1600 sampai 1800 peserta yang diverifikasi lewat wawancara dan ujian baca tulis Al Quran.

Wawancara itu seperti mencocokkan portofolio data yang telah dikirim peserta saat mendaftar lalu. Dengan model ujian daring ini, maka UIN ingin melihat aspek lain dari peserta. Seperti kognitifnya dan psikomotoriknya.

Tiga hal yang ingin digali adalah orientasi pada hasil, perekat NKRI dab integritas. Panitia juga melakukan tracking pada jejak media sosial mereka atas status yang mereka buat.

"Anak-anak sekarang kan pasti punya medsos seperti IG, FB atau Twitter. Kami juga ingin tracking status mereka. Sebab status yang mereka post sedikit banyak adalah cerminan hati dan pikiran mereka," jawabnya.

Untuk pagu jalur mandiri, katanya kepastian jumlahnya menunggu juga daftar ulang mahasiswa baru yang diterima di SBMPTN dan UMPTKIN.

"Jika nanti ada yang tidak daftar ulang, otomatis akan dilimpahkan ke mandiri," tandas Mahfudz Shodar.

Dari pantauan di ruang penguji, di salah satu ruang ada empat orang. Mereka berhadapan dengan laptop di meja. Ada yang sedang tahap wawancara terkait portofolio peserta.

Ada juga yang sudah tahap ujian baca tulis Al Quran. Seperti meminta peserta menuliskan salah satu QS.

Menurut Imam, ini keunikan ujian di seleksi mandiri UIN. Ada baca tulis Al Quran.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved