Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Memasuki Pancaroba, BPBD Batu Imbau Warga Waspada Angin Kencang

Memasuki masa pancaroba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengimbau masyarakat waspada angin kencang

Penulis: Benni Indo | Editor: isy
SURYAMALANG.COM/DPUPR BATU
Kepala BPBD Batu Agung Sedayu (tengah) meninjau kawasan terdampak banjir di Kelurahan Sisir beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM | BATU – Memasuki masa pancaroba, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mengimbau masyarakat waspada. Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, mengimbau terutama terhadap kondisi angin kencang yang belakangan terjadi.

Katanya, angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini merupakan penanda pergantian musim penghujan ke kemarau.  Ia mengimbau masyarakat sebisa mungkin untuk menjaga jarak dari pohon yang rawan tumbang.

Di sisi lain, BPBD Batu juga telah melakukan antisipasi dini. BPBD Batu telah melakukan pemotongan dahan untuk mengantisipasi terjadinya dahan-dahan yang jatuh. Tidak hanya pohon di jalur milik Pemkot Batu saja, di jalur milik Pemprov Jatim pun turut dipantau.

BPBD Kota Batu masih menunggu data inventarisasi pohon rawan tumbang dari UPTD Bina Marga Pemprov Jatim.

Informasi itu dibutuhkan agar pelaksanaan terhadap pepohonan tepat sasaran.

“Kami saat ini tengah menunggu data dari UPTD Bina Marga Pemprov Jatim karena pohon-pohon yang besar kebanyakan ada di kawasan jalur provinsi,” ungkapnya.

Sejauh ini belum ada laporan adanya peristiwa pohon tumbang mengakibatkan korban di Kota Batu.

Sejumlah jalur yang terdapat banyak pepohonan berada di kawasan Jalan Ir Sukarno, kemudian juga di kawasan Jalan Raya Tlekung.

Di tempat terpisah, Kasi Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Munsif Fanani, mengungkapkan pihaknya dengan BPBD Kota Batu bersama UPTD Pemprov Jatim akan berfokus pada pohon di kawasan Jalan Ir Sukarno, Panglima Sudirman, Jalan Raya Pendem, dan Jalan Pangeran Diponegoro.

Ia menerangkan bahwa kawasan jalur provinsi merupakan wewenang dari Pemprov Jatim.

“Ada juga permohonan pemotongan pohon dari warga Desa Mojorejo dan permohonan pengeprasan dari warga Desa Pendem,” tutur Munsif.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved