Breaking News:

Berita Surabaya Hari ini

Buruh Desak Pemprov Lakukan Survei KHL untuk Tentukan UMK Jatim 2021

Buruh di Jatim mendesak agar segera dilakukan peninjauan atau survei kebutuhan hidup layak (KHL) untuk penentuan UMK Jatim 2021

Disnaker Jatim
Tabel daftar UMK Jatim 2020 di 10 kota/kabupaten yang berlaku saat ini. 

SURYAMALANG.COM | SURABAYA - Buruh di Jatim mendesak agar segera dilakukan peninjauan atau survei kebutuhan hidup layak (KHL). Hal ini diperlukan dalam rangka penentuan UMK Jatim 2021.

Namun, Wakil Ketua DPW Federasi Serikat Pekerka Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur, Nuruddin Hidayat, menyebut hingga saat ini tahapan penentuan UMK Jatim ini belum juga dilakukan. 

Nuruddin menuturkan mestinya September ini sudah harus dilakukan survei KHL yang dilakukan Dewan Pengupahan. Ini rangkaian kegiatan awal sebelum membahas UMK 2021.

"Apakah karena pandemi saya tidak tahu. Idealnya September ini sudah dilakukan survei meninjau langsung harga-harga kebutuhan. Ini sebagai data riil akan besaran kebutuhan buruh," kata Nuruddin, Senin (1/9/2020).

Nuruddin memaparkan Dewan Pengupahan terdiri atas Pemerintah, Apindo (asosiasi pengusaha), Serikat buruh, dan akademisi, juga akan mengkaji prediksi besaran UMK Jatim berdasarkan survei KHL tersebut.

Setelah itu, akan ada usulan besaran UMK dari kabupaten dan kota untuk menentukan UMK Jatim di setiap kabupaten kota.

Sesuai PP 78/2015 tentang Pengupahan, seharusnya tahun ini sudah ada peninjauan jenis KHL.

"Namun hingga saat ini peninjauan tersebut belum ada," sambungnya.

Informasi yang diterima buruh bahwa Disnakertrans Jatim sudah berkirim surat ke Kementerian Ketenagakerjaan perihal peninjauan KHL tersebut, tetapi belum ada balasan.

"Sebaiknya memang tahapan survei KHL ini harus dilakukan segera. Dari mana tahu kebutuhan riil buruh dan karyawan jika tidak mengecek harga kebutuhan di lapangan," kata Nuruddin.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved