Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Indonesia Painting Contest (IPC) di Taman Krida Budaya Kota Malang, Tema Lukisan Tentang Pandemi

Indonesia Painting Contest (IPC) di Taman Krida Budaya Kota Malang, Tema Lukisan Tentang Pandemi

Editor: eko darmoko
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Antok Lukis, perupa asal Kabupaten Bondowoso sedang menyelesaikan lukisan tentang pandemi di Indonesia Painting Contest di Taman Krida Budaya Kota Malang, Minggu (6/9/2020). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Sebanyak 291 peserta mendaftar di Indonesia Painting Contest (IPC) di area Taman Krida Budaya Kota Malang, Minggu (6/9/2020). Tema lomba yang diangkat soal pandemi.

"Terserah dari para pelukis bagaimana menyerap pandemi di mata mereka. Ada kegelisahan apa, perasaan apa untuk divisualkan. Mungkin ada yang gembira, sedih atau perasaan lain soal pandemi," jelas Mustafa, ketua pelaksana lomba pada SURYAMALANG.COM.

Area di sekitar Taman Krida dijadikan lokasi lomba. Karena luas, maka peserta tidak menggerombol di satu titik. Ada yang melukis di dekat parkiran motor karena teduh, ada yang dekat pendopo, dibawah pohon dll.

Semua menjaga jarak. Dengan kondisi ini, mereka terlihat asyik melukis sesuai tema. Ada yang pelukis menggambar suku di Papua yang berburu memakai masker.

Ada juga lukisan Presiden Jokowi bermasker, kemudian empat orang lainnya yang digambarkan sebagai pemeluk agama lain memakai masker.

Serta ada tetesan darah dan kegiatan seperti memperbarui warna di burung Garuda sebagai Bhineka Tunggal Ika. Ini disatukan dalam satu frame lukisan.

"Saya memotret kondisi sekarang. Dalam kondisi pandemi Covid-19 harus tetap bersatu di masa krisis bencana ini," jelas Widianto atau Antok Lukis dari Bondowoso.

Ketua Perupa Kabupaten Bondowoso itu mengaku inspiransi lukisannya setelah membaca berita-berita di media.

"Sejauh ini tidak ada kesulitan bagi saya dengan tema pandemi yang diminta panitia," jawabnya.

Masing-masing pelukis bisa menyampaikan apa yang dibenak mereka tentang pandemi yang bisa diangkat dalam goresan alat lukis mereka.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved